Forum

S.A. Muluk | 05 Januari 2013 20:10:03 |

Warung Kopi Fotografer.net > Bincang Bebas

1
0
10
Dilihat : 698

     Sebelumnya mohon thread ini nanti tidak dijadikan ajang untuk pedebatan antara Media FILM dan DIGITAL..karena tujuannya bukan kesana, tapi murni mencari cara untuk mengabadikan foto2 kenangan kita.


Beberapa waktu yang lalu sempat baca artikel ini....

http://www.stevehuffphoto.com/2010/04/28/kodachrome-the-way-it-was-and-still-is-by-max-marinucci/


dan sampai sekarang masih sering kepikiran..

     Apalagi setelah kejadian CD (compact disk) yang menyimpan file foto-foto pernikahan pada tahun 2006, gak bisa di baca lagi di laptop, atau komputer pc kantor yang keluaran 2012. Untung sempat backup di external harddisk (port usb 2.0).


     tapi jadi bimbang, jangan2 hardisk ini juga nanti gak bisa kebaca lagi oleh sistem/ OS komputer pada 5 atau 10 tahun yang akan datang. entah gara2 driver-nya gak ada atau nanti port-nya udh pake usb 5, 6 atau 7..

     Dibandingkan dengan foto2 waktu SMA (tahun 1990-an) yang masih pake media film, ternyata masih bisa di lihat dan dikenang sampai sekarang..

     dan ada satu kenyataan lagi, waktu saya coba scan lagi (dulu pernah saya scan tahun 2007-an) dengan scanner tahun 2012, ternyata hasilnya malah jadi jauh lebih baik..

     sekarang lagi pengen bikin foto2 keluarga, mumpung orang tua masih ada, pengen bikin foto-foto anak waktu mereka masih kecil..dan berharap foto2 ini bisa diwariskan ke anak cucu, dan masih bisa dikenang dalam kurun waktu mungkin 50 atau 100 tahun yang akan datang.

     biar besok cucu, ataupun cicit bisa tau wajah nenek moyangnya he he.atau biar nanti cucu saya bisa liat betapa imut bapaknya waktu kecil..

     Tapi jadi bingung memilih media atau cara penyimpanan yang paling memungkinkan, agar foto2 kenangan tersebut masih bisa bertahan dalam kurun waktu yang lama. dan hasilnya masih bagus sehingga masih bisa di cetak ulang dan diperbanyak.


mungkin teman-teman ada ide yang bisa di share,

--"bagaimana cara kita mengabadikan momen2 yang pengen tetap bisa di kenang sampai 50tahun lagi atau malah 100 tahun lagi dari sekarang.."--

NB.
foto-foto yang saya anggap penting sudah berusaha saya cetak semua, tapi rata2 cuma 10R (karena alasan kepraktisan penyimpanan dan biaya).

05 Januari 2013 23:32:35

0
0

Sama mas, saya juga pernah berfikir hal seperti itu. apalagi yang namanya teknologi, di satu sisi dengan cara serba digital memang sangat enak dan praktis, tapi di sisi lain kecepatan perubahan teknologi membuat kita was2 , apakah file foto dan media backup kita masih awet dan selalu dapat di gunakan untuk masa2 ke depannya ?

Mungkin salah satu cara dengan mencetak dan melaminasi bisa juga, tapi ga mungkin semua ya ? yang penting2nya saja.

atau cara lain ; banyak2 aja membackup di beberapa media dan simpan yang benar.

atau juga : ikuti perkembangan teknologi media penyimpanan, begitu ada perubahan, migrasi kan file2 fotonya, jadi selalu dapat terbaca. (memang biaya mahal)

itu hanya sekedar ide2/share dari saya, mungkin dari rekan2 yang lain bisa menambahkan

06 Januari 2013 03:16:08

0
0

kalau untuk penyimpanan saya menggunakan beberapa media :

1. hardisk

2. portabel hardisk

3. USB

4. CD (sekarang sudah kurang digunakan, karena untuk beberapa CD terutama yang harganya murah dalam beberapa tahun bisa terjadi oksidasi dimana lapisan filamennya hilang sehingga data tidak terbaca lagi)

semoga bisa membantu. salam jepret

06 Januari 2013 09:15:19

0
0

Simpanlah di beberapa media penyimpanan sekaligus, seperti:

  • DVD
  • External Harddisk
  • Cloud (Dropbox, Google Drive, Amazon Cloud Drive, dll)

Kalau salah satu media rusak, masih ada backup di media lainnya.

06 Januari 2013 11:01:58

0
0

umumnya harddisk punya umur 5 tahun, jd tiap 5 tahun ganti harddisk aja biar ngga rusak, dan seterusnya begitu, tiap 5 tahun ganti HDD. harusnya sih ngga akan hilang. 

06 Januari 2013 12:00:26

0
0

Barangkali yang paling meyakinkan itu dalam bentuk fisik soft copy merupakan backup saja, cetak fotonya sebelum di laminasi lapisi dulu dengan putih telur dengan tujuan menjaga keutuhan warna, yang saya lakukan seperti itu.

06 Januari 2013 12:58:22

0
0

Masalah klasik yg kita semua alami. Saya sih selain memback-up nya dlm ext hard disk juga mencoba utk meng u/l ke media sosial semacam FB. Meski dr segi kualitas nggak cukup bagus tapi lumayan loh mas. Namanya juga back-up. Hehehe.

06 Januari 2013 23:13:09

0
0

mungkin kenangan terbaik adalah dalampikiran kita.. hehehe

kalau saya mencoba untuk membackup dalam DVD dan HDD portable, namun untuk HDD protable banyak yang bilang bisa tahan sampai 5 tahun tapi berdasarkan pengalaman saya, saya lebih suka menggunakan patokan garansi. Misalnya saya beli HDD yg garansinya 1 tahun, maka ditahun kedua pemakaian saya sudah memikirkan untuk mencari backup di HDD yang baru.

ini murni pengalaman pribadi aja pak. soalnya saya punya pengalaman yang tidak menyenangkan dengan HDD portable/eksternal yang sering rusak seiring habisnya garansi.. sad

07 Januari 2013 01:42:32

0
0

emang paling aman kita simpan di DVD.

kalupun sudah mulai pudar bisa backup kembali di DVD yg baru. happy 

07 Januari 2013 20:52:34

0
0

hard disk jebol gara2 jatuh... banyak foto anak2 padahal... seperti cloud storage ide yang bagus,selama bisa upload gratisan. Pilih foto-foto yang penting. Simpan disana. Atau pake galeri pribadi FN.

08 Januari 2013 19:21:45

0
0

kalo simpen di cloud storage, ada gak yang bayar ( atau sewa).dengan jaminan dan garansi foto2 kita tetap aman dalam 50 tahun kedan?.kaya save deposit-nya bank..

jadi kita bener2 merasa secure file kita tetap terjaga, walau mungkin suatu saat situs/perusahaannya bangkrut atau ganti manajemen..

kalo yang gratisan koq rasanya kurang PD, kalo ada apa2 kita sama sekali gak ada jaminan tetep aman.. 

 

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!

Kategori

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!