Pesan Yang Terkandung Dalam Ssebuah Foto

Oleh: gandhy putra bhd (208)    11 tahun yang lalu

  0 

maaf jika tulisan kurang baik, karena hanya melalui HandPhone (HP).

pertama saya ingin menyampaikan kepada teman pemula, menengah, senior atupun master "JEPRET", kita kadang melupakan selain hal-hal,teknik dalam menJEPRET kita sering lupa bahwa suatu foto yg kita ambil, kita lihat ada yg namanya PESAN didalam sebuah foto.


Suatu foto dgn angle, pencahayaan, warna tajam dan teknik foto yg lain atau bisa dikatakan foto tersebut 1/2 perfect (karena kesempurnaan hanya milik tuhan) tapi tidak ada PESAN yg bisa kita terima ke otak dan jiwa kita.


Sebuah foto dengan ide, tema, model, moment, tempat,costum, pose dan hal lain yg bisa Master sebutkan adalah beberapa sisi yg terdapat dalam sebuah foto.

Dalam mengambil foto kita harus tetap ingat sebuah kata "PESAN"..., PESAN apa yg akan kita sampaikan minimal ke diri kita dan semua orang yg melihat foto kita.


itu juga kita terapkan ketika kita Melihat sebuah Foto, PESAN apa yg coba disampaikan melalui foto tersbut..

Jika kita hanya melihat dengan masalah tehnik/teknik/taktik dalam sebuah foto, seorang NEWBIE akan kalah dengan seorang MASTER, seorang junior akan takut kepada senior, atau lebih mudah diumpamakan jika "teknik foto" itu lawak, kita takkan pernah bisa lebih lucu dari pada SULE/KOMENG...

tapi jika kita bicara sebuah PESAN (makna yg terkandung dalam sebuah foto),,tak selamanya SENIOR itu bisa bicara (berPESAN) dalam mengambil gambar dan tak selamanya seorang MASTER dapat mendengarkan(mencari PESAN) dalam melihat sebuah gambar, apalagi yg masih unyu'-unyu'......bisa tambah diam dan tak dengarkan...

intine dalam sebuah Ilmu yg bersifat seni itu gak bisa dinilai dengan seberapa GARAM yg kita makan, atau seberapa buku yg kita bakar, tapi mencakup sebuah berapa baik jiwa ini mengolah sebuah situasi.

semoga bermanfaat bagi kita semua, dan mampu mengurangi 1 s/d 2 dimensi (jepret,red).


maaf terlalu simple and to the point...

Belum ada komentar