[SHARE] Strobist dengan Flash Murah

Oleh:  Taruna Al Hadiid (34892)    11 tahun yang lalu

  0 

Apa itu strobist sudah banyak yang bahas ya..?  skip aja deh

Strobist dengan flash murah sepertinya menarik untuk dibahas. Semoga topik ini cukup membantu pemain strobist baru dengan modal terbatas. Semoga flash murah tidak lagi dipandang sebelah mata :)

Mari mengenal fungsi mode yang ada di beberapa flash murah. Di panel belakang terdapat M, S1, S2. Dalam permainan strobist biasanya digunakan mode M (manual). Setting kekuatan flash secara manual cukup menyenangkan bagi saya yang hanya memiliki budget cetek buat flash. Selain itu dengan cara manual ini kita diasah untuk menjadi lebih sensitif terhadap cahaya. Pertama-tama mungkin ribet.. setelah itu mesti feelingnya udah dapet.

Mode yang lain adalah S1 dan S1 itu fungsi slave. Flash dalam fungsi ini bisa nyamber (nyala) ketika ada pancingan cahaya flash dari sumber tertentu. Flash on body bisa, pake built in flash di bodynya juga bisa. Bedanya S1 itu slave biasa, sedangkan S2 Slave Preflash. S2 ini berfungsi untuk membantu mencari fokus ketika built in flash di body susah mendapatkannya. S2 menyala ketika built in flash menyala mencari fokus. Efeknya ya S2 jelas lebih boros batre. Persamaan kedua mode tsb berfungsi dengan jarak yg terbatas, sekitar radius 2-3 meter dari kamera. Biasanya flash murah Slave optic nya ngga sensitif. Jadi kalo dipake di luar ruangan dalam kondisi matahari terik butuh keajaiban dalam menggunakan metode ini.

Apasih kelebihan flash murah?

- buat saya yang settingan selalu manual flash ini kecuali urusan GN sudah sangat mumpuni.

- yang jelas harganya murah

Kekurangannya apa aja?

- kualitas cahaya yang kadang tidak sama satu jepretan dengan jepretan lain. Solusinya lebih sabar aja nunggu rechargenya full :)

- gampang panas. Iya lah panas kalo jeprat-jepret mulu. Sekali jepret, analisis dulu kira-kira setting berikutnya bakal gimana. lebih efisien, sayang flash dan hemat shutter count :)

- build qualitynya jelek. iya beberapa, tapi flash murah yang model baru seperti YN560II saya cukup tangguh. bodynya udah oke mirip flash mahal. Paling goblog dia pernah kecebur waktu motret model di imah seniman. 3 hari kemudian masih nyala normal. mantap kan :)

Langsung aja lanjut ke cara pemakaiannya :)

Bagaimana cara metering dalam bermain strobist?

Ada banyak sih sebenernya..tergantung selera. Kalau saya paling enak ya dapatkan dulu metering yang kita inginkan pada ambience (suasana lingkungan). Kenapa? Ambience itu setting yang sangat luas. Flash kita seringkali tidak bisa mencover area seluas itu. Manfaatkan available light seperti lampu ruangan, pantulan sinar matahari, dll utnuk mendapatkan ambience yang pas.

Langkah berikutnya tinggal menonjolkan subjek photo, ntah tu model, barang, atau apapun dengan siraman cahaya dari flash kita.

Kira2 hasilnya demikian..

Prewedding

Lokasi: depan dkiosk ciwalk

camera: EOS 60D+tamron 10-24+trigger RF-16NE

flash: kiri atas kamera (dipegang temen) YN460II dengan diffuser.

ambience light berupa lampu dekorasi interior dan eksterior saya ambil dulu sesuai keinginan baru menyiram pasangan dengan cahaya flash yang 1/3 stop lebih tinggi. Tidak perlu saya tampilkan detil settingan di kamera karena jelas beda suasana, beda lokasi, beda settingan.

Silakan teman2 bisa posting juga hasil karyanya disini. 

Salam jepret,

TAHphotography

Belum ada komentar