small things BIG IMPACT !

Oleh:  Salim Dawila (33624)    12 tahun yang lalu

  0 

Salam strobist

Setelah lama ditunggu, akhirnya kita memiliki forum Strobist sendiri di fotografer.net. Di forum ini kita semua akan berdiskusi dan sharing seputar strobist tanpa ada batasan merk tertentu. Nanti saya akan bahas seputar batasan-batasan strobist itu sendiri. Di forum kita akan berdiskusi seputar sharing lighting, alat, flash, dan aksesoris. Untuk share user review flash, radio/infra-red transmitter, slave unit, dan lain lain diharapkan untuk tidak didiskusikan di forum ini karena sudah ada wadahnya di Forum Bahas Peralatan.

Teknik strobist sudah dipakai sejak lama oleh para fotografer pada jaman dulu, David Hobby adalah pencetus nama strobist beberapa tahun silam dengan blog-nya yang sederhana itu bertemulah pelaku-pelaku strobist dari seluruh penjuru dunia dan hingga hari ini masih terdapat banyak sekali sharing yang sangat bermanfaat.

Small things big Impacts, inilah yang menjadikan style strobist menjadi semakin menjamur mulai dari pe-hobby sampai dengan para professional. Teknik strobist yang tadinya adalah sebuah teknik lighting yang dari dulu dipakai oleh para fotografer dan sangat jarang ditemui berubah menjadi seperti bola salju yang semakin kemari menjadi semakin besar. Dan sekarang hampir disetiap sesi pemotretan kita akan menjumpai teknik strobist diaplikasikan. Terbukti bahwa strobist tidaklah susah, tidak juga mahal dan memiliki tingkat keribetan untuk mobilisasi yang bisa dibilang tidak ada. Bayangkan jika kita musti memakai monobloc (lampu studio) yang dari segi ukuran dan berat memang tidak efisien serta akan sulitnya menemukan colokan listrik sebagai sumber tenaga nya.

Hal yang tidak menyenangkan sebelum melakukan perjalanan untuk sebuah tugas pemotretan di luar kota adalah mempersiapkan tas bawaan untuk peralatan kita (selain pakaian) dan pusing melihat 3 tas berukuran besar didepan kita yang isinya adalah perlengkapan kamera, lensa, light stand, 3 lampu studio, softbox, beauty dish, pemberat stand (sand bag) dan lain lain sehingga pakaian kita pun musti ditaro di tas yang ke 4.

Mungkin kejadian seperti serupa sudah tidak terjadi lagi jika monobloc sudah tergantikan dengan speedlite/speedlight/flash yang kecil, ringan dan bertenagakan baterai AA. Light modifier seperti softbox sudah bisa tergantikan dengan payung putih yang ringan dan tidak memakan tempat.

Batasan strobist di forum ini adalah penggunaan flash yang bertenagakan baterai AA dan bisa digunakan secara on-shoe di kamera DSLR yang kita gunakan.

Ayo kita share teknik lighting strobist di forum ini.

Less gear, More brain, Better light.

Have a strobeful day !

strobist info foto dibawah :

Kondisi pemotretan : AC di ruangan diskotek mati, lampu² diskotek pun mati, tidak ada suara ajeg-ajeg sama sekali karena diskotiknya masih tutup, ya gitu deeee

Kamera : Nikon D7000
Lensa : Tokina 12-24 f/4
Flash : Nikon SB 700 2 pcs & Nikon SB 800 1 pc
Aksesoris : Payung putih utk fill, filter warna biru dan kuning utk masing² flash side light.

Belum ada komentar