Forum

Rahmat Ridho | 06 Juni 2011 21:50:23 |

0
0
106
Dilihat : 6377

Biliton/Belitung/Belitong Island Pulau yang terbagi menjadi dua Kabupaten yaitu Kabupaten Belitung berIbukota di Tanjung Pandan dan Belitung Timur berIbukota di Manggar. Pulau ini terkenal dengan Lada Putih, Timah, Kaolin, Batu Satam, Kopi (Manggar), Gangan Kepala Katarap, dengan seluruh potensi wisata indahnya.. pantai dan pulau dengan pasir putih bersih dan batu-batu granit yang unik seperti disusun dan tertata dengan sengaja.. terhampar di bumi Indonesia.. Perjalanan ini berawal dari mimpi.. keinginan untuk keluar dari rutinitas dan dorongan kuat hobi akan fotografi yang akhirnya mendapatkan kesempatan langka untuk melakukannya.. awalnya saya mengajak beberapa teman, namun tampaknya tidak ada yang bisa ikut dan beberapa sudah memiliki tujuan berlibur yang berbeda, maka saya merencanakan untuk mengikuti paket tour yang ditawarkan secara online di internet, namun lagi-lagi tidak ada yang jadwal tour yang sesuai dengan waktu libur saya ,dikarenakan sebagai pegawai/pekerja saya tidak memiliki waktu bebas/libur yang mumpuni/fleksibel. maka saya ambil keputusan untuk melakukan trip solo, berbekal informasi dari internet dan beberapa teman yang sudah pernah ke belitung sebelumnya. maka berangkatlah saya pada tanggal 2 Juni 2011 dari Palembang-Jakarta-Tanjung Pandan. peralatan yang saya bawa adalah sebagai berikut:

  • Tas Backpack
  • Pakaian, Peralatan mandi, Peralatan Sholat
  • Tas Kamera (Backpack)
  • Kamera Digital SLR Canon EOS 7D
  • Lensa Ultrawide 10-22mm USM
  • Filter-CPL, ND8,ND32,GND,G.Sunset
  • Tripod
Perjalanan ini dilakukan pada tanggal 2 Juni s/d 5 Juni 2011 Berikut perjalanan saya winking available on youtube http://www.youtube.com/watch?v=VtaUfbHzZFc&feature=related



08 Juni 2011 08:58:23

0
0

banyak ikan kecil di pantai surut ini.. kadang mereka berenang nyerempet kaki saya haha.. bener-bener deh..



08 Juni 2011 09:02:28

0
0

lanjut lagi.. saking bersemangatnya saya agak goyang dan ngosh-ngoshan.. mulai terasa haus.. saya pun mendekat ke arah pulau, cari pak koko yang bawain Aqua hehe.. sambil jalan narsis dulu big grin



08 Juni 2011 09:07:19

0
0

ini dia pak koko, nelayan dengan kemampuan berlayar 99 hehe, sementara saya explore pulau dia ngurusin kapal dan leyeh leyeh di depan mercusuar hehe.. pertanyaan pak koko begitu melihat saya mendekat.. " gimana mas? sudah mau naik ke atas?" hehe

Mercusuar setinggi 60 meter dengan 299 anak tangga dibangun tahun 1882 jaman pemerintahan kolonial belanda, masih kokoh berdiri sampai sekarang ajiiib



08 Juni 2011 09:28:22

0
0

tersenyum saya jawab, lanjuuuuuttt paakk winking exploring mercusuaarr pulau lengkus. berdebar-debar.. membayangkan view ajaib yang selama ini saya lihat dari foto-foto rekan2 di internet.. hahaha euforia

Mercusuar setinggi 60 meter dengan 299 anak tangga dibangun tahun 1882 jaman pemerintahan kolonial Belanda, dan masih berdiri kokoh sampai sekarang.. ajiiibb



08 Juni 2011 09:46:27

0
0

entrance.. nuansanya sangat eksotik bahkan didalam mercusuar.. menaiki 18 lantai.. haha saya sempat berhenti disetiap lantai untuk cek jendela mercusuar ini



08 Juni 2011 09:55:49

0
0

akhirnya.. jendela yang selama ini hanya saya lihat dari foto Fn'ers akhirnya dengan mata sendiri.. saya ingat ada retakan/pecahan kaca di atasnya hehe wonderfull.. hanya saja saya yang kurang bisa mengabadikan dengan baik winking tapi puaaassss



08 Juni 2011 10:10:43

0
0

lanjut lagi ke lantai tertinggi.. lampu mercusuar



08 Juni 2011 10:27:52

0
0

pemandangan dari atas sini sangat luar biasa.. kaki saya sempat gemetaran (bukan nature shock kali ini, tapi karena tinggi sekaliii haha serem) terlihat satu-satunya kapal yang merapat ke pulau adalah kapal pak koko. bersyukur sekali kejar sunrise disini.. karena berdasarkan keterangan dari penjaga mercusuar dan teman2 nelayan pak koko.. hari ini sudah terjadwal 20 kapal yang akan tour.. kebayang kan kalau saya siang kesini.. yang saya foto hanya sekerumunan turis dengan kaca mata hitam hahaha.. thx god.



08 Juni 2011 10:39:13

0
0

turun dari mercusuar.. istirahattt.. cuapek banget.. tapi puaaaas hehe, istirahat cukup lama, ngobrol dengan penjaga mercusuar.. selintas melihat pohon kelapa kembar dengan ranjang gantung ditengahnya.. waaahh foto inilah yang saya lihat di album salah seorang sahabat saya yang sudah lebih dulu ke belitung.. ternyata lokasinya di pulau lengkuas ckckck.. berawal dari album foto, akhirnya bisa kesini..


saat membahas rencana berikut dengan pak koko.. benar saja.. terlihat dua kapal merapat, yang di identifikasi pak koko sebagai penduduk tanjung kelayang, mereka membawa bahan makanan yang akan dimasak di pulau lengkuas untuk para peserta tour untuk 15 orang (belum lagi rombongan 18 kapal lainnya).. set saiiiiilll pak koko..!!



08 Juni 2011 11:57:49

0
0

begitu kapal menjauh dari pulau lengkuas.. mulai terlihat kapal-kapal tour merapat hehe.. sepanjang perjalanan masih terlihat bebatuan unik di dekat pulau-pulau kecil.. sesaat sebelum menuju laut luas, pak koko berteriak dengan bahasa setempat.. saya tanyakan apa artinya.. ternyata pak koko minta izin berlayar hehe.. salah satu legenda/mitos di kalangan nelayan belitung adalah legenda Hiu Rening, yaiut Hiu Putih yang menunggu lautan pesisir yang apabila diganggu akan mengakibatkan bencana.. (wow boro-boro mau ganggu) winking



08 Juni 2011 12:02:28

0
0

Tujuan kami berikutnya adalah Pulau Batu Berlayar.. dari kejauhan sudah terlihat batu batu yang terkenal itu hehe.. tapi karena masih banyaknya peserta tour yang memadati pulau tersebut, kami memilih parkir agak jauh dari pulau, sambil menunggu situasi sepi.. ukuran pulau ini terbilang kecil.. mungkin sekitar tanah satu kapling ya hehe dengan pasir putih yang menawan dan bebatuan yang unik



08 Juni 2011 13:29:10

0
0

akhirnya mulai sepi, kamipun mulai merapat ke Pulau Batu Berlayar hehe



08 Juni 2011 13:30:37

0
0

spot sejuta umat... sangat disayangkan, saya hanya membawa satu lensa ultrawide, dan ga bawa lensa tele.. padahal burung2 yang berterbangan dan hinggap di bebatuan Pulau Batu Berlayar ini sangat menggoda untuk di capture huhuhu.. lain kali harus prepare ini (buat teman-teman persiapkan lensa anda untuk berbagai situasi)



08 Juni 2011 13:51:50

0
0

setelah puas puluhan shutter di pulau batu berlayar.. kami bergerak lagi ke pulau pasir.. pulau pasir ini lebih dikenal penduduk setempat dengan pualu gosong, namun karena kebutuhan pariwisata para travel tour menyebutnya sebagai pulau pasir (mungkin terdengar lebih komersil hehe).. pulau ini hanya terdiri dari pasir putih (tok), pulau ini hanya ada saat air laut surut, jadi menjelang sore hari pulau ini akan hilang.. yang menarik dari pulau ini adalah bintang laut yang hidup disini.. berbeda , berukuran lebih besar, warnanya lebih saturated.. ''cool island'' mantab dan ajaib!!



08 Juni 2011 13:59:35

0
0

seger banget yaaa big grin



08 Juni 2011 14:00:48

0
0

kapal pak koko..



08 Juni 2011 14:04:02

0
0

tidak pernah saya memimpikan bisa berada di tempat indah seperti ini..



08 Juni 2011 21:29:28

0
0

selepas dari pulau pasir, kami sempatkan untuk snorkling sejenak di sekitar pulau babi kecil.. disini pemandangan bawah lautnya masih alami, dan lebih berwarna dibanding di kepulauan 1000 hehe.. jelas yah winking oh iya disini banyak saya temui nemo dengan berbagai jenis/kerabat, terlihat dari motif dan ukuran tubuhnya hehe.. hampir rata2 rumah yang saya ketuk selalu ada nemonya wahaha bener-bener, saya jadi berfikir untuk invest housing underwater.. sayang tidak bisa saya share keindahan bawah lautnya karena saya tidak memiliki kamera underwater maupun housing..winking

08 Juni 2011 21:37:42

0
0

sehabis snorkling.. waktu sudah menunjukkan hampir jam 1 siang, wah bekal makan siang yang dipesan lupa dibawa haha.. akhirnya berdua dengan pak koko diskusi untuk memutuskan makan siang dimana.. rencana awal makan siang di pulau babi besar, lalu pak koko telepon temannya yang tada di pulau itu... ternyata tempat makan disana sangat ramai.. akhirnya kami putuskan kembali ke pantai tanjung kelayang untuk makan di resto pak memet, makan berdua ditemani pemilik resto, kangkung, cumi tepung, dan (lagi pengen makan nasi hehe) luar biasa.. saya pikir kokinya marah kali yah.. nasi goreng kami hampir 2 porsi untuk masing2 seorang, banyak sekaliii, cumi dan kangkungnya pun seperti porsi jumbo hahaha.. total makan berdua hanya 85ribu dengan es teh dan es jeruk, menurut saya kok murah sekali yah haha apa karena saya yang jarang makan seafood?



08 Juni 2011 21:47:23

0
0

kenyaaaang, pamitan dengan pak memet.. kami lanjut ke Pulau Burung.. next destination.. Pulau burung cukup besar, cerita pak koko sebelumnya.. beliau pernah mengantar tamu kesini, butuh waktu 2 jam untuk mengexplor pulau burung ini... pulau ini disebut pulau burung karena batu didepan pulau yang berbentuk paruh/kepala burung..

didepan pulau terdapat dua buah tempat pemeliharaan ikan..
oh iya.. air disini jerniiih sekali ckckck



Kategori