Berimajinasi Bentuk Asap Rokok

Oleh:  Haris Febyanto (5761)    12 tahun yang lalu

  0 

Saat ini mungkin kita sudah banyak menjumpai bahkan mencoba membuat foto abstrak asap. Namun apakah sebatas mengetahui dan menguasai tekniknya... banyak keasikan, keunikan, bahkan kita mampu melatih imajinasi kita dalam foto abstrak asap.

Teringat kisah saya sewaktu kecil ketika bermain di tanah lapang bersama seorang teman. Berdua memandangi langit yang cerah dimana melihat awan yang berbagai macam bentuknya, kami menerka-nerka bentuk awan tersebut lebih menyerupai bentuk apa. Saya berkata dengan teman disebelah saya "bentuk awannya mirip gajah ya", teman saya menjawab "bukan, lebih mirip jerapah", saya membantah “ jerapah kok ada belalainya”. Teman saya membalasnya “itu lehernya bukan belalai” begitu terus kami mempertahankan opini masing-masing.
Imajinasi secara umum dapat diartikan kekuatan untuk menghasilkan citra mental dan ide. Suatu proses membangun kembali persepsi suatu benda yang terlebih dahulu diberi persepsi pengertian. Para psikolog lebih menyebutnya “menggambarkan” atau “gambaran”. Penggambaran obyek tiap individu berbeda-beda tergantung bagaimana pikiran mendefinisikan suatu bentuk. Imajinasi juga dapat diartikan suatu ide, konsep atau gagasan. Pendapat-pendapat orang-orang besar tentang imajinasi :
-Pak Enstein : “Imagination is more important than knowledge.For knowledge is limited, whereas imagination embraces the entire world, stimulating progress, giving birth to evolution”(1879-1955).
-Wolfgang Amadeus Mozart : "Neither a lofty degree of intelligence nor imagination nor both together go to the making of genius. Love, love, love, that is the soul of genius."
-Pak Napoleon : "Imagination rules the world".


berikut adalah foto abstrak asap saya, pemberian judul sesuai dengan imajinasi saya dalam mendeskripsikan bentuk asap...


data teknis semua foto :
kamera: canon eos 1000d
lensa: EF100mm f/2.8L Macro IS USM
1/100, f20, iso 400
edit pscs5, croping, surface blur, invert, hue/saturation


1. Iblis berpunggung api

Belum ada komentar