Mengenal CLS/wireless Flash (strobist), Seri 1

Oleh:  Salahudin Damar Jaya, Jaya (45223)    12 tahun yang lalu

  0 

Dari pengalaman mengajar Flash/strobist, banyak rekan-rekan bertanya mengenai teknik penggunaan Flash dengan commander/CLS (istilah utk nikon, utk canon biasanya cuma disebut wireless flash) atau untuk sekarang ada istilah Strobist (off shoe flash).

---- (Tulisan ini saya bagi dengan beberapa seri (tergantung mood nulis nih…, bisa 3 atau 5 seri) semua berhubungan dengan CLS/wireless flash atau Strobist, mohon masukan dan kritikan untuk menyempurnakan tulisan tsb. Insya Allah tiap 1-2 minggu ada tulisan baru, dan nanti tema-temanya beragam (tema yang saya kuasai) seperti Lensa, Experiment dll. Bahan dan gambar saya usahakan dari buatan sendiri (dengan bahasa indonesia gaul bukan EYD), yang saya dapat dari bacaan dan belajar autodidak selama ini) dan Tulisan ini akan menjadi pelengkap hand-out workshop-workshop yang saya adakan. dan tulisan ini sengaja saya letakkan di forum eksperimen & special effek agar saya dengan mudah utk pengontrolan (selain bingung juga mau dimasukkan ke katagori apa?)----

Untuk seri 1 (klik Seri 2 untuk seri selanjutnya), ini saya akan membahas pertanyaan berikut :

Salah satu pertanyaan adalah, mengapa kalau menggunakan flash built in hanya utk memancing flash (SB700/800/900 ) dan flash built in-nya tidak ikut (maksudnya adalah diseting untuk tidak aktif) kok flashnya tetap ikut firing?, kenapa begitu apa ada kesalahan setting atau pabriknya ngaco?.
(untuk kasus canon adalah jika menggunakan 2 buah 580EX dan khusus kamera baru canon 7D atau 60D bisa menggunakan built in flash seperti nikon).

Sebelumnya kita harus tahu cara kerja flash menyala dan hubungannya dengan rana yang membuka. Berikut ini saya lampirkan kurva flash dan rana membuka terhadap waktu . Untuk kurva 1. itu adalah kurva standard flash (built in, external atau lampu studio). durasi flash pada keadaan full power itu sekitar 1/500-1/1000 detik (bergantung tipe dan merek), untuk flash studio biasanya punya durasi yang lebih panjang dibanding flash external/built in.

Kurva merah yang turun dan naik itu adalah kurva buka tutup tirai bilah rana (curtain/blade shutter), pada kecepatan sinkro (nanti akan dijelaskan apa itu kecepatan sinkro dan cara rana membuka dan menutup pada seri 2), rana kamera sekitar 1/200-1/250. kecepatan ini beberapa kali lebih lama (2-4X) dibandingkan duasi nyala flash.

Belum ada komentar