Lensa 85mm dengan Raynox atau Ext Tube untuk Makro?

Oleh:  Bayu Hertoto (11238)    13 tahun yang lalu

  0 

Butuh masukan dari rekan FN yang mungkin punya pengalaman
Saya tertarik menggunakan lensa 85mm untuk macro...kenapa 85? karena keterbatasan dana saya yang hanya bisa memiliki 1 lensa yang dapat digunakan untuk macro dan portrait.

Tamron 90mm mungkin bisa digunakan untuk kedua jenis pemotretan tersebut, tapi saya masih memerlukan AF yang cepat. Alternatif lain tentu 100mm macro, tapi untuk kebutuhan portrait menurut saya masih terlalu panjang, apalagi kalo indoor.

Karena tuntutan tersebutlah maka saya berpikir untuk mencari alternatif yang lebih pas yaitu antara pake Raynox atau extension tube untuk pemotretan makro?

Pertanyaan saya adalah:
Apakah dengan raynox bisa didapat perbesaran 1:1 dengan lensa 85mm? Kalo bisa berapa kira2 jarak dari lensa ke subyek foto...karena kalo terlalu dekat tentu tidak akan efektif untuk pemotretan serangga yang cukup sensitif...

Apakah ext tube seperti kenko yang terdiri dari 3 set (12, 20, dan 36 kalo tidak salah) dapat memberikan perbesaran 1:1 bila digunakan combo dng lensa 85mm? Kalo bisa berapa pula kira2 jarak dari lensa ke subyek foto?
Kira2 apa kelebihan dan kekurangan dari masing2 combo diatas menurut pengalaman rekan2?

Dari beberapa search di internet saya mendapat informasi bahwa penggunaan extention tube akan kehilangan cahaya sampai 3 stop bila digunakan full set, namun kelebihannya IQ tidak akan terdegradasi krn tidak ada penambahan optik disini. Sebaliknya dengan raynox IQ akan berkurang karena adanya tambahan optik, disamping DOFnya yang tipis sehingga bukaan diafragma harus lebih diperkecil untuk mendapat DOF yang lebih lebar, akan tetapi tidak ada kehilangan cahaya dan switch untuk merubah kembali ke lensa biasa akan lebih mudah karena bentuknya yang berupa filter, tidak seperti ext tube yang sedikit lbh ribet...

Saya butuh pencerahan dari rekan2 semua, dan sebelumnya saya ucapkan terima kasih...

Belum ada komentar