Forum

Rezki Alifia Harono | 04 Desember 2009 16:26:20 |

0
0
47
Dilihat : 21430

wah saya ga sabar nunggu artikel yang saya kirim blm di lirik entak karna jelek/sama dgn yang sblmnya. saya jg ga enak sama om eli dah lama nunggu....... maaf om, langsung aja.


Kamera Lubang Jarum (KLJ) merupakan awal sejarah sebuah karya fotografi, namun belakangan ini keberadaannya mulai di lupakan. Pada artikel kali ini saya coba menulis cara dalam membuat KLJ yang menggunakan film dari kertas foto dengan mudah dan murah.


Bahan yang dibubutuhkan :

1 buah Kaleng Bekas yang bertutup

1 botol Cat Semprot Hitam Flat

1 buah Jarum Dinding

1 buah Jarum Jahit Tangan

04 Desember 2009 16:28:54

0
0

Langkah membuatnya :
1. Cat bagian dalam kaleng dan bagian dalam tutup kaleng hingga merata,

04 Desember 2009 16:30:18

0
0

tutupnya

04 Desember 2009 16:31:01

0
0

2. Lubangi dinding kaleng dengan Jarum Dinding, diameter lubang berkisar antara 0,3-0,5 mm

04 Desember 2009 16:32:21

0
0

3. Cat bagian luar kaleng hingga merata. (untuk memperindah tampilan Kamera)

04 Desember 2009 16:33:40

0
0

4. Tutup Kembali lubang tersebut dengan isolasi atau stiker yang tidak tembus cahaya. (untuk mencegah cahaya masuk sebelum pengambilan gambar dilakukan)

04 Desember 2009 16:34:38

0
0

ikut meniba ilmu pak.....
tertarik untuk mencobanya....
terus.....

04 Desember 2009 16:35:54

0
0

Proses pembuatan Kamera Lubang jarum telah selesai.

Sangat mudah bukan… cara membuat Kamera Lubang Jarum, selamat mencoba.

Tunggu artikel selanjutnya masih dalam dunia pinhole.

Salam lima jari.

04 Desember 2009 17:40:31

0
0

Sharing yg bermanfaat.
Sekalian dong kak dengan hasilnya

04 Desember 2009 18:08:29

0
0

hasil bisa lihat di :
http://www.facebook.com/album.php?aid=2014742&id=1339487846
http://www.facebook.com/photo.php?pid=30388096&id=1565524132&op=1&view=all&subj=140342502696&aid=-1&oid=140342502696

04 Desember 2009 18:16:19

0
0

salam kenal sebelumnya..
saya lumayan tertarik dengan kamera lubang jarum..
tapi blm pernah pakai.. hehe

thanks mas Rezki yang sdh menjelaskan cara pembuatannya.. tapi yang saya bingung., ini gimana pakainya y?
semoga berkenan untuk menjelaskan..

btw., kmrn sy jalan2 ke toko mainan., ada yang jual kamera lubang jarum seharga 135rb., filmnya pakai yang 135mm (ini belinya dimana y?)

04 Desember 2009 18:45:07

0
0

bisa kasih tutor masukin film nya gak oom..? saya bikin kameranya ngerti, tpi masukin roll film nya bingung...sad

04 Desember 2009 19:49:07

0
0

iya kang, jur motone kepriben kiye?....

04 Desember 2009 20:11:21

0
0

Masukin film/kertasnya piye, Om Rezki? Bingung. sad

@Muh. Alwi:
Film 135 (bukan 135mm) itu rol film biasa aja. Yang terkenal antara lain Fujicolor superia, Kodak gold, Lucky SHD, dsb. Toko-toko foto (dan bahkan beberapa tempat fotokopi) jual kok.

04 Desember 2009 20:38:24

0
0

@Arif R:
hmm.. kmrn lihat tulisannya sih film 135mm., apa saya yang salah lihat y? besok ngecek lagi deh.. skalian jalan2 ke toko mainan., mainan anak2 jaman skrg canggih2., bikin iri.. (OOT mode ON..hehe)

yang saya selalu beli (dan pakai) sih film kodak colorplus 200., tapi film 35 (yang ini pakai mm gak om? harap maklum.. masih berusaha mendalami fotografi..) big grin

04 Desember 2009 21:04:10

0
0

gmn pakainya yah?

04 Desember 2009 21:04:18

0
0

kalau membuat kameranya mudah sekali [kayaknya] trus mo buat fotonya gimana kak.? mohon pencerahannya, kebetulan kameraku lagi terbang ke Jakarta jadi mungkin bisa coba bikin foto dari KLJ happy

Salam dari Jayapura

04 Desember 2009 22:50:26

0
0

hmm setelah selesai bikin KLJ nya terus cara motretnya gimana kang? pengen tau juga nih. happy

05 Desember 2009 00:18:15

0
0

wahh bolehh di coba nihh.......
jempol nihh forumnya... thanxx yaa ilmu baru buat saya....maklum pemula ... salam dari jak-pus

05 Desember 2009 09:02:32

0
0

kamera lubang jarum adalah satu hal yang menarik untuk dicoba dan past bikin penasaran...karena letak dari seninya adalah pas proses cetak hasil dari KLJ..dikamr gelap tentunya...
sedikit penjelasan..banyak lupanya..maenan pas jaman sekolah

1. hasil pake kertas flim yang dimasukan kedalam kaleng (pas masuk jangan kena sinar matahari, posisi kertas mengikuti bentuk kaleng biarterlihat distorsinya
2. trus cari objek yang akan di ambil gambarnya biasa objek yang diam...biasanya kalo kondisi cerah (panas) tutup lubang jarum dibuka antara 20-30 detik, atau sesuai insting, bisa kalo agak gelap 1 menit
3. baru masuk proses kamar gelap untuk di jadikan kertas negatif...nah ini memakai cairan untuk mencuci flim (lupa namanya)
3. didapat hasil kertas negatif...
4. kalomau dibuat positif, gunakan kertas flim ditempel trus dikasih sinar lampu tapi dilapisi kaca...baru dapat hasil kertas positif...

sedikit penjelasan yang kira2 seperti itulah proses KLJ...selebihnya bisa deh ditanyakan kepada yg ahli hehehhehe...salam

05 Desember 2009 10:41:33

0
0

menambahkan saja..
jadi inget beberapa taun lalu bikin workshop KLJ pertama di Jogja ma kang Ray..

Jaman dahulu kamera ini namanya kamera "Obscura" atau kamera kamar gelap, dahulu kamera ini digunakan sebagai alat bantu untuk melukis secara proporsional. sesuai dengan perkembangan jaman, akhirnya berkembang menjadi kamera2 yang saat ini anda gunakan.

Media KLJ bisa menggunakan kertas foto baik kertas foto warna atauoun hitam putih, hanya kertas foto warna lebih sulit karena mendapatkannya jg tidak gampang, harus beli 1 rol besar atau kalo punya temen yg punya lab cetak foto bisa "nempil" sedikit, prosesnya pun agak susah karena membutuhkan developer + fixer warna yg tidak dijual eceran di pasaran. kalau menggunakan kertas foto BW, jangan beli kertas BW yang mulltigrade karena tidak akan jadi, membutuhkan exposing timenya sangat lama dibnding kertas foto BW biasa.
Selain kertas, anda juga bisa menggunakan media film, baik film warna, slide ataupun item putih, bisa format 135mm ataupun 120mm.

Untuk menghasilkan foto yang tajam tergantung pada lubang jarumnya, lubang dibuat hanya seujung jarum dan harus rata, bisa langsung di lubangkan pada kaleng, bisa juga menggunakan alumunium foil yang dilubangi dan ditempelkan pada kaleng yang terlebih dahulu dibuat lubang dengan bor diameter 0.5-0.8cm.

Cara memasukkan media kertas atau filmpun harus di kamar gelap total atau memakai changing bag agar kertas atau film tidak terbakar sebelum di expose. Jangan lupa menutup lubang dengan isolasi hitam agar tidak bocor sebelum exposing.

Pengambilan gambar lebih bagus saat cerah, kenapa? karena dengan diameter lubang jarum yang sangat kecil, otomatis membutuhkan cahaya yang banyak dan lama, biasanya exposing timenya bervariasi antara 5 sampai 20 detik tergantung besar lubang. Kalau anda memotret di daerah remang2, bisa dipastikan exposing timenya akan sangat lama, mungkin bisa berjam-jam sad

Proses selanjutnya adalah proses cuci, proses ini dilakukan di kamar gelap, kalau tidak punya kamar gelap anda bisa menggunakan kamar / kamar mandi yang ditutup rapat2 sampai tidak ada cahaya sedikitpun yang masuk.
chemical yang dibutuhkan untuk memproses media kertas foto sebenarnya ada 3:
1. developer
2. stop bath atau cuka
3. fixer
chemical2 tersebut tersedia banyak di lab-lab cetak.
Untuk developer cuci film BW chemicalnya berbeda dengan chemical cetak foto, untuk film biasanya menggunakan Micro MF (murah meriah!), D76 atau ID11.

Timing proses:
- Masuk developer sambil digoyang2 kira-kira 2 sampai 4 menit tergantung perbandingan larutan developer dg air.
- Stop bath +- 20 detik
- Fixer 2-3 menit.

setelah itu bilas dengan air bersih dan keringkan.

Baru setelah itu anda mendapatkan citra negatif pada kertas foto yang anda cuci, proses pemositifan seperti diutarakan mas suwandi, yaitu dengan cara menempelkan kertas foto yang baru di bawah kertas negatif dengan posisi kertas negatif menghadap ke bawah, kertas baru menghadap keatas dan harus menempel rata dengan bantuan kaca, lebih bagus lagi diberi spon dibawah. Setelah itu sinari, lakukan tes pprint terlebih dahulu untuk mendapatkan normal print. Proses dilakukan di kamar gelap

begitu mungkin lebih jelasnya..
http://raybachtiar.com/komunitaslubangjarum/

ada event jg nih:
Salam Lima Jari..!!! KLJ Jakarta

selamat sore, sehubungan dengan rencana akan diadakannya acara pameran dan peluncuran buku oleh Kang Ray Bachtiar Dradjat pada tanggal 26 desember 2009, maka dengan ini KLJI mengundang kepada semua member KLJI untuk berpartisipasi dalam acara ini dengan mengirimkan karya - karya KLJ terbaiknya.

kepada semua teman - teman member KLJI yang mau mengirimkan karya KLJ bisa dikirimkan ke alamat email: eventklji@yahoo.com

dengan format pengiriman sebagai berikut :*(copy paste)

nama :
Alamat :
No. Hp/telepon :
Alamat email :

Judul Foto :

Jenis kamera lubang jarum sad *apabila memakai kamera selain dari kaleng rokok harap di lampirkan juga kameranya(difoto)

Data teknis : ( jenis kertas/film(cantumkan Iso), exposure, waktu pemotretan, )

Apabila ada hal menarik / unik ketika pemotretan bisa dibuatkan ceritanya/ deskripsi singkat contoh : misalnya ketika motret dengan kaleng karena ditinggal kameranya diambil sama pemulung

format foto jpeg max 1 Mb

* pengiriman karya ditunggu paling lambat tanggal 7 desember 2009

ditunggu karya dari teman - teman ssebagai partisipasi dalam event ini.

salam lima jari

KLJI

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!

600x70

Kategori

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!