Forum

Chaerul Umam | 24 Desember 2008 18:53:15 |

Event/Acara > Liputan Acara

0
0
52
Dilihat : 3391

Alkisah di selatan jawa timur berdirilah sebuah Kerajaan Bantar Angin yang dipimpin oleh seorang Raja muda nan bijaksana bernama Prabu Klono Swandono

Beliau diangkat menjadi raja dalam usia yang cukup muda, dan belum memiliki permaisuri.
Dikarenakan sifatnya yang sering berkelana, diceritakanlah beliau sampai ke kerjaan Kediri.

Di kerajaan ini disaat berburu, beliau tanpa sengaja berpapasan dengan iring-iringan Putri Songgolangit.
Walaupun hanya sekilas tatapan mata itu, namun sang pangeran tak dapat menyembunyikan rasa kagumnya akan sang putri

sekembalinya dari perkelanaananya di daerah jawa, pikiran dan hatinya tetap teringat akan wajah sang putri nan rupawan tersebut.
Maka diperintahkanya sang Patih dari jenggala bernama Pujonggo Anom untuk memberikan surat cintanya kepada sang putri.
menyadari sang Patih seorang yang tampan nan rupawan, maka diperintahkanya sang patih untuk memakai topeng yang buruk rupa dan diberi gelar Bujang Ganom

setelah mebaca surat cinta sang raja dan memahami ketampanan san Patih, maka dibuat lah surat balasan penolakan secara halus yang sang putri beranggap sang Prabu tak akan sanggup melakukanya.
dalam isi surat tersebut Sang putri meminta Sewondono untuk memboyong seluruh isi hutan ke istana sebagai mas kawin.
Hutan itu sendiri dipimpin oleh sang raja hutan Singa Barong seekor singa berbadan manusia dengan rambut bulu merak.
Demi memenuhi permintaan sang putri, Sewandono harus mengalahkan penunggu hutan, Singa Barong (dadak merak).
Namun hal tersebut tentu saja tidak mudah. Para warok, prajurit, dan patih dari Jenggala pun menjadi korban.
Bersenjatakan cemeti pusaka Samandiman, Swondono turun sendiri ke gelanggang dan mengalahkan Singobarong.



berikut adalah foto-foto liputan dari festival Reog 2008, Foto hak cipta pribadi, Narasi sebagian disadur dari Blog Arie Saksono mudah-mudahan bermanfaat not worthy



24 Desember 2008 18:56:14

0
0

banyak cerita yang beredar di masyarakat tentang asal muasal kesenian Reog Ponorogo.

Diantaranya cerita dari seorang sesepuh bernama KI Ageng Mirah. Ki Ageng Mirah membuat cerita legendaris mengenai Kerajaan Bantaranangin yang oleh sebagian besar masyarakat Ponorogo dipercaya sebagai sejarah. Adipati Batorokatong yang beragama Islam juga memanfaatkan barongan ini untuk menyebarkan agama Islam. Nama Singa Barongan kemudian diubah menjadi Reog, yang berasal dari kata Riyoqun, yang berarti khusnul khatimah yang bermakna walaupun sepanjang hidupnya bergelimang dosa, namun bila akhirnya sadar dan bertaqwa kepada Allah, maka surga jaminannya. Selanjutnya kesenian reog terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Kisah reog terus menyadur cerita ciptaan Ki Ageng Mirah yang diteruskan mulut ke mulut, dari generasi ke generasi.



24 Desember 2008 18:56:28

0
0

Menurut legenda yang lain Reog atau Barongan bermula dari kisah Demang Ki Ageng Kutu Suryonggalan yang ingin menyindir Raja Majapahit, Prabu Brawijaya V. Sang Prabu pada waktu itu sering tidak memenuhi kewajibannya karena terlalu dipengaruhi dan dikendalikan oleh sang permaisuri. Oleh karena itu dibuatlah barongan yang terbuat dari kulit macan gembong (harimau Jawa) yang ditunggangi burung merak. Sang prabu dilambangkan sebagai harimau sedangkan merak yang menungganginya melambangkan sang permaisuri. Selain itu agar sindirannya tersebut aman, Ki Ageng melindunginya dengan pasukan terlatih yang diperkuat dengan jajaran para warok yang sakti mandraguna. Di masa kekuasaan Adipati Batorokatong yang memerintah Ponorogo sekitar 500 tahun lalu, reog mulai berkembang menjadi kesenian rakyat. Pendamping Adipati yang bernama Ki Ageng Mirah menggunakan reog untuk mengembangkan kekuasaannya.



24 Desember 2008 18:56:44

0
0

Versi lain dalam Reog Ponorogo mengambil kisah Panji. Ceritanya berkisar tentang perjalanan Prabu Kelana Sewandana mencari gadis pujaannya, ditemani prajurit berkuda dan patihnya yang setia, Pujangganong. Ketika pilihan sang prabu jatuh pada putri Kediri, Dewi Sanggalangit, sang dewi memberi syarat bahwa ia akan menerima cintanya apabila sang prabu bersedia menciptakan sebuah kesenian baru. Dari situ terciptalah Reog Ponorogo. Huruf-huruf reyog mewakili sebuah huruf depan kata-kata dalam tembang macapat Pocung yang berbunyi: Rasa kidung/ Ingwang sukma adiluhung/ Yang Widhi/ Olah kridaning Gusti/ Gelar gulung kersaning Kang Maha Kuasa. Unsur mistis merupakan kekuatan spiritual yang memberikan nafas pada kesenian Reog Ponorogo.



24 Desember 2008 18:57:00

0
0

namun dari sekian banyak babad akan reog ponorogo, Babad Prabu Klono Swandono lah yang paling banyak dipercaya oleh masyarakat ponorogo.



24 Desember 2008 18:57:18

0
0

...



24 Desember 2008 18:57:34

0
0

WAROK

Warok adalah pasukan yang bersandar pada kebenaran dalam pertarungan antara kebaikan dan kejahatan dalam cerita kesenian reog.
Warok Tua adalah tokoh pengayom, sedangkan Warok Muda adalah warok yang masih dalam taraf menuntut ilmu.
Hingga saat ini, Warok dipersepsikan sebagai tokoh yang pemerannya harus memiliki kekuatan gaib tertentu. Bahkan tidak sedikit cerita buruk seputar kehidupan warok.

Warok adalah sosok dengan stereotip: memakai kolor, berpakaian hitam-hitam, memiliki kesaktian dan gemblakan.Menurut sesepuh warok, Kasni Gunopati atau yang dikenal Mbah Wo Kucing,
warok bukanlah seorang yang takabur karena kekuatan yang dimilikinya.
Warok adalah orang yang mempunyai tekad suci, siap memberikan tuntunan dan perlindungan tanpa pamrih.
“Warok itu berasal dari kata wewarah. Warok adalah wong kang sugih wewarah. Artinya, seseorang menjadi warok karena mampu memberi petunjuk atau pengajaran kepada orang lain tentang hidup yang baik”.“Warok iku wong kang wus purna saka sakabehing laku, lan wus menep ing rasa” (Warok adalah orang yang sudah sempurna dalam laku hidupnya, dan sampai pada pengendapan batin).



24 Desember 2008 18:57:50

0
0

Reog di Masa Sekarang

Seniman Reog Ponorogo lulusan sekolah-sekolah seni turut memberikan sentuhan pada perkembangan tari reog ponorogo. Mahasiswa sekolah seni memperkenalkan estetika seni panggung dan gerakan-gerakan koreografis, maka jadilah reog ponorogo dengan format festival seperti sekarang. Ada alur cerita, urut-urutan siapa yang tampil lebih dulu, yaitu Warok, kemudian jatilan, Bujangganong, Klana Sewandana, barulah Barongan atau Dadak Merak di bagian akhir. Saat salah satu unsur tersebut beraksi, unsur lain ikut bergerak atau menari meski tidak menonjol. Beberapa tahun yang lalu Yayasan Reog Ponorogo memprakarsai berdirinya Paguyuban Reog Nusantara yang anggotanya terdiri atas grup-grup reog dari berbagai daerah di Indonesia yang pernah ambil bagian dalam Festival Reog Nasional. Reog ponorogo menjadi sangat terbuka akan pengayaan dan perubahan ragam geraknya.



24 Desember 2008 18:58:11

0
0

Festival Reog tahun ini dipusatkan pada Alun-Alun Kota Ponorogo, yang secara resmi telah dibuka oleh Bapak Bupati Ponorogo, Bapak Muhadi pada hari selasa pukul 19.00.

Festival ini diramaikan dengan lomba Reog yang diikuti lebih dari 50 peserta seniman Reog seluruh Indonesia, merebutkan piala bergilir bapak Presiden.



24 Desember 2008 18:58:25

0
0

Opening ceremony yang megah dan tata lampu panggung yang indah menambah kemeriahan pembukaan festival reog tahun ini.

disadari atau tidak Indonesia yang kaya akan kultur dan budaya, mampu disajikan dengan baik oleh panitia festival reog.

perbaduan antara budaya tradisional dalam alunan gending jawa, disajikan dengan apik dalam tarian barongsai diatas panggung.



24 Desember 2008 18:58:47

0
0

untuk rekan-rekan yang mungkin berminat, festival ini masih berlangsung hingga tanggal 29 nanti, dan setiap hari di panggung utama akan selalu dihadirkan kesenian reog yang telah tersohor hingga ke luar Indonesia.



24 Desember 2008 19:42:51

0
0

untuk saat ini saya hanya menampilkan opening ceremony dan sedikit pementasan peserta festival Reog 2008 dari ponorogo.

saya akan berada di ponorogo Insya Allah sampai festival ini selesai. dan akan terus mengupdate liputan ini..secara kebetulan warnet dekat dengan lokasi tempat saya menginap. (dan juga ada photoshopnya, jadi bisa langsung resize big grin )

another opening ceremony



24 Desember 2008 19:44:38

0
0

another opening ceremony, cherrs leader performance



24 Desember 2008 19:45:49

0
0

Reog VS Modern Dance



24 Desember 2008 19:47:58

0
0

Bujang Ganom ... The Great



24 Desember 2008 19:52:10

0
0

untuk yang doyan kuliner, Ponorogo juga memiliki bermacam-macam wisata kuliner yang ternyata MANTAP..

sementara ini saya baru merasakan Pecel Ponorogo yang lumayan pedas (hati-hati buat yang ndak kuat), dan Sate Kuda Ponorogo..surprise

Ponorogo juga terkenal dengan durian nya yang sekarang lagi musimnya..murah juga, ndak sampe 15.000 dah dapet yang MAKNYUS drooling



24 Desember 2008 19:55:44

0
0

sewa penginapan di PONOROGO ternyata diluar dugaan..tarif penginapan mulai dari Rp 50.000 permalam hingga Rp 200.000 (murah banget...).



24 Desember 2008 19:59:31

0
0

sementara saya off dulu..mau ngelanjutin liputanya.
bila ada rekan-rekan FN di porogo, bisa kontak saya di 0352-5926137



24 Desember 2008 21:36:32

0
0

Terimakasih telah berbagi sejarah dan budaya Indonesia
Sekarang menjadi sedikit lebih mengerti tentang kesenian Reog

Maju Indonesia ... !!

24 Desember 2008 21:57:48

0
0

pak chaerul tgl 26 saya ke ponorogo..mungkin kita bisa hunting bareng...? tinggal dimana?saya tinggal di deket aloon2.salam

24 Desember 2008 22:15:27

0
0

thanx sharenya....jadi lebih tau hikayat Songgolangit dan Reognya
cak Umam...kalo butuh temen.ada FNers.. Ponorogo Ah.Joni...081234237272..dia tinggal di Jetis sektr Almawadah

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!

Kategori

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!