Forum

Valens Riyadi | 03 September 2003 02:49:27 |

Warung Kopi Fotografer.net > Panduan

2
0
8
Dilihat : 45467

Setiap anggota bisa memberikan kritik terhadap semua foto. Kritik terletak di bawah setiap foto dan diurutkan berdasar urutan waktu memberinya. Tulislah kritik yang sehat dan membangun, karena tujuan kita bergabung di komunitas Fotografer.net adalah bersama-sama mengasah keterampilan fotografi dan bukan "mau menang sendiri".

Rating ditampilkan dalam skala acungan jempol. Lazimnya, foto yang baik dan bagus mendapat 2 acungan jempol. Tapi di Fotografer.net skala rating diatur mulai dari foto yang sangat baik dan sangat bagus mendapat rating positif 3 acungan jempol ke atas, hingga foto yang sangat tidak enak dipandang mendapat rating negatif 3 jempol ke bawah.

Setiap kritik dan acungan jempol yang diperoleh menambah angka rating anggota. Demikian juga apabila kritik yang ditulis oleh seorang anggota kepada sebuah foto. Sedangkan jika sebuah foto memperoleh jempol ke bawah dan kritiknya dianggap tidak berguna oleh anggota lain maka rating anggota tersebut menjadi berkurang. Jangan lupa, bahwa balas dendam tidak diperkenankan di Fotografer.net.

Karena latar belakang komunitas Fotografer.net adalah sama-sama bertujuan mengasah keterampilan memotret, maka pastikan bahwa Anda sudah benar-benar berpikir sebelum menulis kritik dan menyampaikannya secara serius. Baik ketika memberi rating positif dengan acungan jempol maupun rating negatif dengan jempol ke bawah.

Hal terpenting ketika memberi rating dan menulis kritik adalah bagaimana melalui interaksi di sini kita bisa sama-sama belajar. Jangan sekali-kali memberi rating atas dasar pertemanan atau kebencian, atau menulis kritik gara-gara balas dendam.

Jika Anda adalah seorang pemula atau fotografer amatir yang baru belajar, cobalah untuk bersikap terbuka dan tidak sok tahu. Jangan sampai terjadi Anda memberi rating negatif pada foto portrait dengan latar belakang blur tanpa tahu alasan menggunakan ruang tajam sempit. Atau, jangan sampai juga, menulis kritik negatif terhadap panning motor yang sedang melaju tanpa tahu sulitnya membuat foto panning yang berhasil. Singkatnya, tulislah kritik sesuai dengan pengetahuan dan "jam terbang" Anda. Demikian halnya dengan fotografer profesional atau fotografer amatir kawakan yang sebaiknya menyingkirkan sikap arogan, merendahkan, dan enggan merasa disaingi, ketika menulis kritik dan memberi rating. Kita berkumpul bersama-sama di sini bukan untuk mencari siapa yang paling jago memotret, karena sarana untuk itu adalah ajang lomba foto dan bukan di Fotografer.net.

03 September 2003 02:53:20

0
0

Kritik dan komentar adalah salah satu unsur utama dalam komunitas kita di Fotografer.net ini. Melalui kritik, pemilik foto bisa mengetahui sejauh mana hasil karyanya ditanggapi dan diapresiasi, dan sejauh mana pula keberhasilan menyampaikan isi benaknya kepada pemirsa karya-karyanya. Melalui kritik pula, pemberi kritik dan komentar bisa belajar menghargai hasil karya orang lain dan, yang terpenting, adalah membantu rekan sesama anggota komunitas Fotografer.net untuk membangun diri dan mengasah kemampuan.

Urutan Langkah

Kritik dan komentar yang diberikan tidak hanya dibaca oleh si empunya foto melainkan juga oleh member lain. Jadi, jangan mempertaruhkan nama baik Anda untuk membantai dan mencela sebuah foto, apalagi melakukan "balas dendam" pribadi melalui kritik yang ditulis. Alangkah baik dan bergunanya sebuah kritik jika ditulis dengan obyektif, jelas, dan tidak "menyerang" pribadi seseorang.

Berikut ini panduan yang disarankan untuk menulis kritik yang membangun, sehat, dan berguna:

  • Tunjukkan bahwa Anda tertarik pada foto yang dikritik
    Fotografer.net merupakan komunitas yang berbasis pada semangat kebersamaan untuk saling membantu dan bekerjasama. Jika Anda tidak tertarik kepada sebuah foto, baik foto yang bagus maupun tidak bagus menurut Anda, besar kemungkinan kritik yang Anda tulis pun tak akan berguna kepada fotografer si empunya foto dan kepada anggota lain yang membacanya.
  • Pahami dan ketahui maksud yang hendak disampaikan fotografer
    Tanpa mengetahui maksud yang hendak disampaikan fotografer melalui fotonya, secara logis, Anda belum bisa menulis kritik.
  • Bahas dan ulas foto segi teknis secara singkat
    Bahasan dan ulasan meliputi:
    • Komposisi
    • Fokus
    • Teknik pengambilan gambar, pemilihan lensa, pemilihan film, framing
    • Komposisi
    • Koreksi warna dan saturasi warna
    • Pencahayaan (depth of field)
    • Proses di kamar gelap atau di "kamar terang" (alias Photoshop)
    • Teknik cetak, seperti dodging, burning, cropping, pemilihan kontras
  • Lihat dan komentari foto secara utuh
    Foto-foto yang terlalu "nyeni" terkadang memilih untuk berkonsentrasi pada obyek dan tak menghiraukan keunggulan segi teknis. Demikian juga dengan foto jurnalistik, yang lebih menomorsatukan momen yang bisa direkam ketimbang segi teknis. Fotografer amatir yang sudah mahir dan fotografer profesional biasanya "suntuk" dengan teknik-teknik konvensional dan mencoba teknik-teknik baru. Akan sangat berguna juga jika keterangan tambahan yang diberikan fotografer juga dicermati.
  • Memotivasi tanpa membuat kecil hati
    Buatlah fotografer yang dikritik untuk tidak berhenti berkarya melainkan terus mengembangkan diri. Jika Anda melihat hal yang salah atau kurang bagus di mata Anda, sampaikanlah kritik dengan gaya mengusulkan sebuah jalan keluar. Terutama untuk fotografer pemula atau fotografer yang baru saja bergabung dengan Fotografer.net, tentu terasa penting untuk merasa diterima dalam komunitas baru dan merasa nyaman berinteraksi di sini.
  • Menulis kritik seolah-olah ditujukan untuk diri sendiri
    Tempatkan diri Anda sebagai fotografer yang sedang dikritik. Setiap fotografer punya "jam terbang" dan pengalaman sendiri-sendiri. Artinya, fotografer pemula hendaknya tidak jumawa dan "sok tahu". Demikian pula fotografer mahir atau profesional sebaiknya tidak arogan. Sebagai umpama saja, jika Anda adalah seorang juru masak rumah makan Padang jangan mengkomplain nasi gudeg yang dibawa teman Anda sesama juru masak, tapi juru masak warung gudeg Yogya, hanya karena terlalu manis dan tidak pedas.
Karma

Percaya tidak percaya, tapi bolehlah kita menyebut istilah karma di sini. Fotografer yang tidak pernah memberi kritik positif, tidak pernah akan pernah menuai kritik yang positif pula. Ada juga fotografer yang mendapat banyak jempol satu dan sedikit jempol dua, dan membalasnya dengan hal yang sama kepada fotografer lain. Artinya, ia hanya mencari-cari kesalahan dan hanya mengomentari foto-foto yang menurutnya tidak bagus. Karmanya, fotografer tersebut tak pernah memanen jempol tiga. Percayalah, dengan memberi kritik membangun dan menuliskannya dengan nada positif, cepat atau lambat Anda akan menuai keuntungan dari komunitas Fotografer.net.
Penulis: Kristupa W. Saragih



03 September 2003 02:57:43

0
0

Berikut ini panduan mengenai tiap nilai yang ada di FN :

  • Sangat baik secara artistik dan sempurna secara teknis
    Rating ini diberikan kepada suatu foto sudah dibuat sebaik mungkin pada kondisi pemotretan tertentu, sesuai dengan kategorinya. Karena bisa jadi, misalnya, sebuah fotojurnalistik yang dibuat dengan kamera tersembunyi punya kekurangan teknis. Atau, contoh lain, sebuah foto fashion di studio dengan pencahayaan buatan dianggap lebih baik daripada foto fashion outdoor dengan pencahayaan alam. Padahal anggapan demikian tidak benar, dan masing-masing kondisi pemotretan mempunyai tingkat kesulitan sendiri-sendiri. Berikan juga rating ini kepada foto-foto kreatif, yang memberikan inspirasi baru.
  • Secara umum sudah baik, tapi ada sedikit kesalahan minor
    Jika Anda memberi rating ini, pastikan bahwa Anda menjelaskan perbaikan-perbaikan apa yang bisa dilakukan sesuai dengan kondisi pemotretan. Jika Anda adalah seorang pemotret amatir pemula, dan belum mampu memberi saran secara teknis, cukup tuliskan saja komentar Anda.
  • Foto sudah dibuat dengan benar, tapi butuh banyak perbaikan
    Berikanlah kepada foto yang sudah jelas point-of-interest-nya tapi belum bisa ditampilkan dengan indah. Berikan saran-saran teknis, seperti saran cropping, pengaturan komposisi, pencahayaan, pemilihan ruang tajam dan saran-saran yang membangun lainnya. Kadangkala sebuah foto sudah bisa terlihat maksud dan ide pembuatannya, tapi oleh pembuatnya belum bisa dibuat cengan benar secara teknis.
  • Tidak menarik dan tidak jelas point-of-interest-nya
    Berikanlah rating ini kepada foto yang terkesan asal buat, asal beda atau "asal nyeni". Terkadang orang memotret hanya karena sedang membawa kamera dan memotret tanpa pengetahuan teknis, alias asal saja. Atau, ada juga pemotret yang karena ego-nya membuat foto yang "asal nyeni" tanpa mengindahkan kaidah-kaidah estetika fotografi. Pastikan bahwa Anda menjelaskan alasan memberikan rating negatif ini. Karena, jika tidak demikian, kita tidak akan pernah bisa belajar.
  • Sangat jelek dan sangat tidak sedap dilihat
    Rating negatif ini layak diberikan kepada foto yang sangat banyak kesalahan teknisnya, atau dibuat tanpa pemahaman fotografi apapun. Berikanlah kepada foto yang sangat fatal kesalahan teknisnya, seperti tidak fokus, blur karena camera shaking, tidak kontras, saturasi warna sangat buruk, pemilihan cropping yang sangat tak enak dilihat, dan alasan-alasan teknis lain.
  • Tidak Layak Tampil
    Rating negatif ini akan menarik perhatian, sehingga harus diberikan dengan hati-hati dan dengan penjelasan yang memuaskan. Jadi berikanlah rating ini dengan sangat yakin, bahwa foto yang Anda kritik layak menerimanya. Rating ini juga akan membuka peluang bahwa ada anggota yang tidak setuju dan tidak sependapat, tapi inilah peluang diskusi yang menarik. Merupakan hal yang penting untuk menuliskan kritik dan alasan pemberian rating secara teknis. Akan menjadi kritik yang berguna apabila subyektifitas Anda terhadap obyek foto disingkirkan jauh-jauh. Jangan hanya karena tidak suka foto wanita muda, foto kampanye partai politik yang tidak Anda dukung, atau ngeri kepada foto ular lantas membuat Anda memberi rating ini.

03 September 2003 03:07:33

0
0

Setiap foto yang diupload akan memiliki nilai, yang ditulis dalam kurung di sebelah kanan judul foto. Nilai tersebut didapat dari perhitungan berikut:

Nilai = Nilai Upload + (Nilai Total * Nilai Total ) / (Jumlah Penilai * 2)

Nilai Upload = 5


Contoh:

Sebuah foto mendapatkan 5 buah acungan jempol (TU), maka nilai foto tersebut adalah :

5 + (15 * 15)/(5 * 2) = 5 + 225 / 10 = 5 + 22,5 = 27,5
dibulatkan menjadi 28.
Pada awal FN dimulai, sistem nilai bersifat flat. Total nilai sebuah foto merupakan penjumlahan lurus dari jempol yang didapatkan. Dalam perjalanannya, disadari bahwa sistem nilai sebaiknya bisa lebih mencerminkan kualitas, ketimbang hanya merupakan penjumlahan lurus. Sebuah foto yang mendapatkan 15 buah 1TU, tentu saja bobotnya harus berbeda dengan yang mendapatkan 5 buah 3TU. Setelah melalui diskusi cukup panjang, maka per 30 Juni 2003, FN menggunakan rumus seperti di atas. Arsip diskusi mengenai sistem nilai ini bisa dilihat di sini

03 September 2003 03:29:36

0
0

Admin Fotografer.Net akan menghapus komentar dan memberikan nilai penalti atas kritik :

  • TD yang tidak disertai alasan teknis yang jelas
  • Komentar yang menyerang pribadi fotografer-nya
  • TD yang didasarkan atas balas dendam
  • Mass TD, kecuali untuk foto yang terbukti dengan sah merupakan hasil curian/bukan merupakan karya fotografer tersebut, dan diakui sebagai karyanya
  • Komentar yang tidak mengungkapkan alasan logis yang sesuai dengan nilai yang diberikan.
  • Komentar yang menyisipkan undangan untuk memberikan kritik balik ataupun untuk menengok hasil karya penulis komentar.
Umumnya penalti yang diberikan adalah -3 per komentar.

03 September 2003 03:33:40

0
0

Mulai tanggal 1 September 2003, FN memberlakukan pembatasan pemberian TD. Member dengan nilai lebih kecil dari 1000 tidak dapat memberikan penilaian negatif (TD). Hal ini di latar belakangi bahwa sebagian besar TD yang tidak beralasan dilakukan oleh member baru. Ada juga yang sengaja membuat userid baru untuk melakukan hal ini. Apakah user dengan nilai di atas 1000 dijamin lebih bijak? Belum tentu. Tapi setidaknya, ada perjuangan dan waktu yang telah dilalui untuk bisa mencapai nilai 1000, dan tentu saja apa yang telah dilalui itu sangat sayang dikurbankan, kalau yang bersangkutan ngacau dengan memberikan TD tanpa alasan. Semoga bisa maklum, dan semoga suasana di FN menjadi semakin nyaman buat semuanya.

30 Juli 2005 12:23:42

0
0

Buat kami, nama fotografer, judul, dan foto, adalah suatu keasatuan yang tidak terpisahkan. Nama fotografer wajib ditampilkan, sebagai penghargaan kita atas hak cipta seseorang pada fotonya.

Selain itu, hal ini juga akan membuat member FN lainnya mudah untuk melihat jika terjadi kecurangan, misalnya upload foto milik karya orang lain. Tidak semua orang yang melihat foto memberikan komentar. Kalau nama fotografer dihilangkan sebelum orang memberikan komentar, maka pengawasannya sendiri juga berkurang.

Sama halnya dengan berpameran foto, nama fotografer selalu ditulis jelas di sisi fotonya.

FN bukanlah perlombaan, nama fotografer tidak perlu dihilangkan.

30 Juli 2005 12:26:54

0
0

Tidak setuju.

Setiap kita memberikan komentar dan nilai, kita harus bertanggung jawab atas komentar dan nilai yang kita berikan. Jangan pernah takut untuk memberikan nilai rendah pada foto yang tidak bagus. Sebaliknya, jika kita memberikan nilai yang rendah, jangan sembunyi tangan, tapi harus bertanggung jawab.

Selain itu, jika nilai disembunyikan, member FN lainnya akan lebih sulit dalam melakukan pemantauan terhadap orang-orang yang memberikan nilai secara asal.

99% pengawasan FN ini dilakukan secara swadaya oleh member..... bukan oleh admin.

24 Agustus 2005 09:34:11

0
0

Tidak setuju.

Proses belajar di FN ini berlangsung, juga ketika seseorang membaca komentar2 yang sudah ada pada suatu foto. Bayangkan, kalau komentar2 baru bisa terlihat setelah kita memberikan komentar, maka akan sangat sedikit kesempatan kita bersama untuk belajar dari komentar2 yang sudah ada. Pada saat kita melihat sebuah foto, tidak ada kewajiban untuk memberikan komentar pada foto tersebut.

Selain itu, kalau kita membatasi tampilnya komentar tsb, berarti kita juga mengurangi sistem pengawasan yang ada. Orang akan lebih mudah membuat komentar2 yang asal, krn toh tidak banyak member yang bisa membaca komentar tersebut.

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!

Kategori

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!