Forum

Valens Riyadi | 28 Agustus 2003 02:53:00 |

Warung Kopi Fotografer.net > Panduan

5
0
14

Banyak sekali ada pertanyaan, kok saya tidak bisa upload foto di FN. Ada beberapa member yang betul-betul mengalami kesulitan yang berarti, sebagian lagi karena kurang memperhatikan petunjuk-petunjuk yang ada. Berikut ini akan saya uraikan dengan detail, petunjuk untuk mengupload foto.

Panduan bagaimana cara mempersiapkan foto yang akan diupload dengan menggunakan Photoshop bisa dilihat di sini.

28 Agustus 2003 03:01:06

3
0

Yang bisa melakukan upload adalah member, atau yang memiliki level lebih tinggi dari member. Pastikan bahwa status Anda minimal adalah member, dan BUKAN : Unverified Member, Suspended Member, ataupun malah Deleted Member. Melihat status bisa dilakukan dengan melihatnya pada halaman personal. (Menu FN: personal).

28 Agustus 2003 03:06:30

2
0

Pertama, cek kuota upload Anda. Ini bisa dilihat di halaman UPLOAD (Menu FN: Galeri - Upload Foto). Di sana akan tertera berapa foto yang telah Anda upload dalam 24 jam terakhir, berikut juga jumlah komentar yang telah Anda berikan pada foto member lain dalam 24 jam terakhir. Setiap sebelum mengupload 1 buah foto, Anda diwajibkan memberikan 2 buah komentar untuk foto milik member lain. Jumlah kuota upload dalam 24 jam, umumnya adalah 1 foto. Namun, sebagai rasa terima kasih kami kepada para donatur, mereka memiliki hak upload lebih banyak. Jika kewajiban memberikan komentar telah dilakukan, dan Anda masih memiliki jatah upload saat itu, maka Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini.

28 Agustus 2003 03:15:17

0
0

File yang Anda upload harus berekstensi JPG. Ekstensi GIF, TIF, BMP, JPEG termasuk yang ditolak. Jika Anda menggunakan komputer windows, penamaan ini bisa dicek dengan melakukan klik kanan pada file yang dimaksud, lalu klik Properties pada drop down menu windows yang muncul. Nama file akan nampak seperti tampilan berikut ini. Cek juga ukuran foto tersebut, harus di bawah 150 KB.

28 Agustus 2003 03:20:51

0
0

Berikut ini adalah aturan baru ukuran foto per 10 April 2005.

- Ukuran Maksimal sisi panjang : 900 pixel
- Ukuran Maksimal ukuran file : 150 KB
- Ukuran Minimal sisi pendek : 1090 - (1.1 * sisi panjang)
- Dengan rumusan di atas, berarti ukuran minimal sisi panjang adalah 519 pixel.

Bila sisi panjang 900 pixel, maka minimum sisi pendek adalah 100 pixel.
Bila sisi panjang 850 pixel, maka minimum sisi pendek adalah 155 pixel.
Bila sisi panjang 800 pixel, maka minimum sisi pendek adalah 210 pixel.
Bila sisi panjang 700 pixel, maka minimum sisi pendek adalah 320 pixel.
Bila sisi panjang 650 pixel, maka minimum sisi pendek adalah 375 pixel.
Bila sisi panjang 600 pixel, maka minimum sisi pendek adalah 430 pixel.
Bila sisi panjang 550 pixel, maka minimum sisi pendek adalah 485 pixel.

Untuk foto dengan proporsi standart 3 : 4 atau 2 : 3, buatlah ukuran sisi panjang pada 700 pixel, dan pastikan bahwa sisi pendek ukurannya lebih dari 320 pixel.

Sedangkan untuk foto dengan proporsi panorama, bila sisi panjang berukuran 900 pixel, sisi pendek bisa berukuran 100 pixel.

Ukuran DPI gambar tidaklah memiliki pengaruh apa-apa. Panjang sisi2 gambar ini bisa dilihat pada program Photoshop. Caranya, bukalah gambar yang ingin diupload dengan Photoshop. Lalu klik pada menu Photoshop: Image - Image Size. Anda akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini. Pastikan satuan pada width dan height adalah pixel.

28 Agustus 2003 03:27:58

0
0

Foto yang diupload haruslah menggunakan mode warna RGB. Hal ini bisa dilihat dengan membuka file di Photoshop, lalu klik menu PS : Image - Mode. Jika mode gambar sudah RGB, maka ada tanda 'centang' di sebelah kiri type RGB. Lihat gambar.

28 Agustus 2003 04:12:15

0
0

Sebelum mengupload, Anda diharuskan telah memasukkan kamera, lensa, dan film yang Anda gunakan. Pada tiap jenis, Anda diwajibkan memasukkan satu buah alat. Untuk melihat list alat personal Anda, bisa dilakukan di sini. Jika ada jenis alat yang belum Anda masukkan, masukkanlah terlebih dahulu sebelum Anda melanjutkan ke langkah selanjutnya.

28 Agustus 2003 04:12:44

0
0

Setelah semua check list di atas telah terpenuhi, kita bisa melanjutkan dengan langkah-langkah berikut.....

28 Agustus 2003 04:13:20

0
0

Proses upload dimulai dari halaman Upload Foto, seperti tampak pada gambar langkah A.2. di atas. Menu FN: Galeri - Upload Foto. Tekanlah tombol "Browse" untuk mencari file foto pada hard disk komputer Anda (lihat gambar berikut). Setelah menemukan file yang dituju, klik pada nama file dan klik "Open". Proses mencari file ini diakhiri dengan mengklik "Upload".

28 Agustus 2003 04:13:44

0
0

Proses pengiriman foto dari komputer Anda ke server bisa memakan waktu beberapa lama. Panjang waktu dipengaruhi oleh kecepatan koneksi internet dan besar file (file size). Jika Anda mendapat pesan bahwa file yang Anda kirim tidak memenuhi aturan standar, berarti file ditolak server dan Anda harus mengubah image size atau file size hingga memenuhi standar Fotografer.net.

Jika proses upload file foto telah berjalan dengan sukses, maka Anda akan melihat tampilan seperti berikut ini.

28 Agustus 2003 04:14:27

0
0

Pilihlah kategori yang paling sesuai dengan foto yang Anda upload. Tersedia lebih dari 25 kategori. Petunjuk detail untuk masing-masing kategori dan definisinya bisa dilihat di sini. Boleh dipilih lebih dari 1 buah kategori, dengan maksimal 3 buah kategori.

28 Agustus 2003 04:15:01

0
0

Di bagian ini Anda harus mengisi form Judul, mengisi Lokasi, memilih folder pribadi Anda, dan secara optional mengisi keterangan.

  • Judul foto
    adalah "nama" untuk foto Anda. Seperti nama yang dimiliki setiap orang, hendaknya pula Judul dibuat unik untuk setiap foto. Hindari memberi judul hanya dengan satu kata seperti "Ibu" atau "Pemandangan". Tambahkanlah, paling tidak, satu kata lagi untuk membuat judul untuk setiap foto menjadi unik, seperti "Ibu Tua di Gereja", "Seorang Ibu di Penantian", atau "Pemandangan Kebun Cabe" dan "Indahnya Pemandangan Bunaken". Anda tentu tidak ingin tertukar memanggil 2 teman yang sama-sama bernama Budi, nama pasaran, yang satu bernama Budi Purnomo dan yang lain Budi Setiawan.
  • Keterangan Foto
    Pada kolom ini Anda diminta menjelaskan secara singkat tentang foto Anda. Tujuannya adalah mempermudah pemirsa foto memahami foto Anda dan memberi tahu kepada pemirsa cara membuat foto tersebut. Anda bisa bercerita alasan Anda membuat foto tersebut, alat-alat yang digunakan, teknik dan trik, dan bisa juga cerita singkat pada saat pemotretan.
  • Lokasi
    Tuliskanlah secara singkat dan jelas lokasi pembuatan foto di sini. Misalnya saja, seperti, "Kebun Binatang Ragunan", "Gedung Pertemuan Sanjaya", "Studio Majalah Kuncung", atau "di tepi Jalan Tol Belmera".
  • Folder
    Folder adalah kumpulan foto Anda di Fotografer.net. Pada saat pertama kali menjadi anggota, secara otomatis Anda sudah dibuatkan satu folder bernama "Folder Utama". Setelah menjadi anggota, Anda bisa membuat dan menamai sendiri folder-folder yang dibutuhkan. Folder dibuat dengan tujuan memudahkan Anda mengelompokkan foto berdasarkan obyek atau topik foto Anda. Misalnya saja foto-foto anak Anda sendiri dinamai sesuai nama anak, foto-foto di Bali dinamai sesuai lokasinya "Bali 2003", atau foto-foto acara-acara adat Jawa dinamai sesuai obyeknya "Ritual Jawa" atau "Budaya Jawa".

28 Agustus 2003 04:15:29

0
0

  • Kamera
    Pilihlah jenis kamera yang Anda gunakan untuk mengambil gambar yang sedang diupload.
  • Lensa
    Pilihlah jenis lensa yang Anda gunakan untuk mengambil gambar yang sedang diupload.
  • Film
    Pilihlah jenis film yang Anda gunakan untuk mengambil gambar yang sedang diupload. Jika Anda menggunakan kamera digital, pilihlah "digital" (harus Anda masukkan dalam daftar alat Anda sebelumnya).
  • Filter
    Isikanlah merk dan tipe filter yang Anda gunakan di sini secara lengkap, termasuk nomor katalognya jika memungkinkan. Karena sebuah filter bisa berwarna dan bertipe sama, tapi berbeda kepekatannya, dan hanya dibedakan oleh nomor katalognya. Sebagai contoh, Hoya Circular Polarizer 62mm, B+W Infrared 092, atau Cokin Gradual Grey G2 P121.
  • Kecepatan
    Kecepatan yang dimaksud di sini adalah kecepatan rana (shutter speed). Isilah kolom ini sesuai dengan kecepatan rana yang Anda gunakan sewaktu memotret, misalnya 1/250 detik.
  • Diafragma
    Diafragma yang dimaksud di sini adalah diafragma (aperture) lensa. Isilah kolom ini sesuai dengan diafragma yang Anda gunakan sewaktu memotret.
Di bagian akhir, Anda harus mencentang, sebagai pengakuan bahwa Anda adalah pemegang hak cipta yang sah dari foto yang Anda upload, sesuai dengan aturan FN.

Periksalah kembali semua isian form Anda. Jika sudah yakin kebenarannya, klik tombol "SUBMIT"

28 Agustus 2003 05:36:30

0
0

Jika seluruh proses di atas bisa berjalan dengan baik, maka Anda telah mengupload karya Anda ke galeri FN, untuk kemudian dapat dilihat oleh member lain, ataupun juga dapat diberi kritik dan komentar terhadap foto tersebut oleh member lain. Anda akan di redirect ke halaman galeri terbaru, seperti nampak pada gambar di bawah ini, foto Anda akan 'nangkring' pada posisi terdepan di halaman galeri.

28 Agustus 2003 06:28:14

1
0

Bacalah dengan teliti panduan di atas. Jika Anda masih mengalami kesulitan untuk melakukan upload foto, kirimkanlah email pertanyaan ke email bantuan@fotografer.net dengan template berikut. Kelengkapan isi form di bawah ini akan sangat membantu kami memberikan jawaban yang tepat atas permasalahan yang dihadapi.


Subject Email: Kesulitan Upload

Nama Member : ..................
Status Member : .....................
User ID : ..................
Tanggal/Jam saat ini : .............. WIB
Jatah upload dalam 24 jam : ................
Jumlah foto yang telah diupload dalam 24 jam terakhir : ...........
Komentar yang telah diberikan dalam 24 jam: ..............

Mengalami kesulitan upload, dengan detail berikut ........
.............................................(jelaskan)
Step terakhir yang berhasil dilalui adalah : ..... (sesuai dengan pedoman di atas).
Pesan error yang muncul adalah: ........

Error berikut ini saya temui saat akan mengupload foto dengan ukuran : ....... KB dan panjang : .......... pixel, lebar : ........ pixel, dengan mode image : ...........

Komputer yang digunakan: Pentium .......
Operating System : ...........
Browser yang digunakan : ..............

Jenis koneksi internet yang digunakan : .............. ISP yang digunakan : .................

Bersama email ini saya sertakan juga foto yang akan diupload, dan (kalau ada) screen capture pada saat error terjadi.

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!

600x70

Kategori

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!