Forum

Herizky Febriady,kiki | 29 September 2005 18:12:29 |

Diskusi Fotografi > Olah Digital

0
0
20
Dilihat : 3624

SALAM UNTUK SENIOR-SENIOR....saya agak frustrasi dalam mem BURNING and DODGING foto di Photoshop....foto yang saya burning and dodging selalu berkesan over...Yang ingin saya tanyakan yaitu cara yang benar dalam burning and dodging..kalo bisa beserta foto sebagai contoh...agar saya tahu bagian mana saja yang tepat untuk diolah...sebelum dan sesudahnya terimakasih. c",)

29 September 2005 18:22:34

0
0

coba liat disini mas... di bagian olah digital, ato yg lainnya, menarik tuh

29 September 2005 20:06:00

0
0

Kan ada intensitas-nya saat melakukan burn/dodge, atur2 aja itu supaya gak over. Kalo saya biasanya melakukan itu di layer duplikasi, jadi masih bisa diatur2 lagi opacity-nya.

29 September 2005 20:21:02

0
0

triknya ada pada .... BRUSH seting ..... latian di situ

29 September 2005 21:33:55

0
0

kl saya burning dodging pake layer baru yg kosong, blending mode softlight/overlay... pake brush item buat burning, pake brush putih buat dodging...
kl kelebihan burning tinggal erase, dgn layer baru berarti non-destruktif buat layer aslinya...

29 September 2005 21:35:48

0
0

Wih....terima kasih nih kakak-kakak. Saya mo belajar ah...love struck

29 September 2005 22:35:08

0
0

UYO: gimana maksudnya brush setting itu? apa yang ingin dicapai?

30 September 2005 05:12:03

0
0

Nggak ada cara yang benar koq. Semua sah2 aja.
Tergantung cara kamu pakeknya, semua bisa jadi bagus.

30 September 2005 08:14:29

0
0

yang mungkin penting banget, copy dulu file foto aslinya sebelum diutak-utik, biar foto aslinya aman nggak terganggu.. waktu save juga pakai nama lain.. (heheh saya sendiri aja masih sering lupa, nyesel banget deh..)
happy

30 September 2005 09:10:25

0
0

Mas Budi,

Kalo kita bikin Layer baru pasti pada saat save akan otomatis di anggap sebagai file PSD....makanya kalau bisa Picture asli di bikin duplikat aja....Overwrite pada saat save itu sering terjadi Mas Bud...!
Semoga gak terjadi lagi Bro...he....he...

Burning dan Dodging itu sebenerya melibatkan Feel ato Mood juga tuh Mas Kiki....jadi bener apa yang di bilang Kang Heru gak ada patokan harus spt apa.....cobain ekspreiment terus deh entar juga bisa ke asah....ato kalo mau satronin rumahnya Mas RDP...big grin

30 September 2005 09:50:46

0
0

Ini ni yang susah ... Komentar pakar Heru "Nggak ada cara yang benar koq. Semua sah2 aja. Tergantung cara kamu pakeknya, semua bisa jadi bagus. Pepatah lama "the man behind the women..." eh gun... Jadi ikutan blajar ni....

30 September 2005 10:14:47

0
0

utk mas Adi Priono,APO: sebelum di save, layer tsb hrs di flatten dulu biar pas nge-save gak jadi file PSD.. happy

teknik burn+dodge bener kata heru, sense yg megang peranan penting. sebelum memulai, yg perlu diperhatikan adalah arah cahaya.. permainan terang gelap juga sangat penting dalam pengolahan foto. jadi menentukan mana bagian yg gelap,mana bagian yg terang diperlukan sense of art kita...
jadi kesimpulannya, coba2 terussss... hehehhee...

30 September 2005 11:55:40

0
0

kita tunggu jawaban dari masternya... Mr. RDP...

30 September 2005 12:14:37

0
0

Rekan-rekan yang memberi masukan, sepertinya akan lebih mengena kalau memberikan panduan dengan bantuan screen capture layar PC Anda. Jadi lebih ilustratif dan lebih mudah dipahami.

01 Oktober 2005 02:01:43

0
0

Terimakasih atas semua masukkan dari kakak2 senior...tapi benar apa yang dikatakan mas Kristupa....PANDUAN DENGAN SCREEN CAPTURE akan sangat membantu.....dan juga benar klo saya menunggu tanggapan dari MR. Rarindra..... c",)

06 Oktober 2005 08:32:54

0
0

Yang saya pakai (belum tentu yang benar) adalah dengan mengatur pilihan di bagian atas, apakah tool burn/dodge akan berpengaruh ke highlight, midtone, atau shadow. Persentase biasanya saya keep under 17%, lebih sering di 8-12%. Hardness brush di 88%. Tapi saya pakai tool ini hanya utk kondisi2 tertentu, saya lebih sering menggunakan layer overlay/softlight, dengan fill radial/linear gradient (putih ke hitam atau transparent ke hitam). Screen capturenya bisa panjang, kalau mau step by step feel free to buzz me @ YM: bekantanOrenz

12 Oktober 2005 20:03:04

0
0

Saya belajar satu teknik utk dogding dan burning. Dengan memanfaatkan layer yang difill dengan Neutral Fill (Gray) saat New Layer. Untuk burning sapukan warna hitam pada layer itu. Untuk dogding sapukan brush putih pada layer itu. Intensitas dogde dan burn diatur dari opacity brush ... Semoga gak bingung dan bermanfaat. Salam happy

02 November 2005 17:07:57

0
0

Menambah penjelasan mas Erwin dan mas Oki di atas, buka foto yang akan diburning/dodge,buat layer baru dengan klik Layer>New>Layer.Ubah mode ke mode Overlay dan centang kotak label “Fill with overlay-neutral color (50% Gray)”.Buat foreground dan background color pada posisi netral (tekan tombol keyboard D )



02 November 2005 17:11:32

0
0

Pilih kuas (brush) yang lembut dengan ukuran kuas yang sesuai, serta mengatur opacity dan flow kuas pada bilah option bar yang terletak di bawah bilah menu. Sebagai awal dapat digunakan opacity 15-30%, Anda dapat menyapukan kuas langsung pada gambar;bila disapu dengan warna putih,maka bidang gambar akan bertambah terang (dodging), sedang disapu dengan warna hitam gambar akan bertambah gelap(burning).
Bila salah melakukan dodging/burning anda dapat memperbaiki dengan cara menyapu bidang yang salah dengan warna yang berlawanan dari warna asal mula menyapu.
Gunakan sapuan warna hitam untuk memperbaiki hasil dodging dan sebaliknya untuk memperbaiki hasil burning.
Setelah selesai dapat diatur nilai opacity dari layer bila dirasa hasil belum maksimal dan memflatten image bila ingin disimpan dalam format JPG.



02 November 2005 17:15:30

0
0

. Salah satu contoh hasil dodging/burning, di sini memcoba burning pada latar belakang dan sedikit dodging pada lengan dengan merubah nilai opacity kuas.Nampak bidang highlight (putih polos dan pada kencer) sulit diburning, hanya pada bidang highlight yang tak terlalu over atau bidang shadow terlalu under kita dapat melalukan perbaikan dan menimbulkan detilnya.



09 Desember 2005 01:01:45

0
0

makasih tips dan trik nya abang2 senior daydreaming - New!

Kategori