Forum

Jaya Miharja N | 07 Juni 2004 14:18:43 |

Diskusi Fotografi > Olah Digital

0
0
7
Dilihat : 3761

Trik ini saya buat setelah saya membaca thread yang dibuat oleh Saudara Irwansyah S. dengan judul Bingung Cara Mencetak Yang Benar. Trik ini tergolong sederhana, cepat dan mudah. Hasilnya juga menurut saya bagus..(tergantung printer juga sih...happy

1. Klik File-Print Wiht Preview atau Alt+Ctrl+P.
2. Setelah field Print muncul ubah ukuran kertas sesuai dengan yang anda inginkan dengan mengklik "Page Setup". Jangan lupa set orientation landscape atau portraitnya.
3.Setelah mengklik "OK" dan kembali ke field "Print" centangi di box "Scale to Fit Media" dan otomatis foto menyesuaikan dengan ukuran kertas. Selanjutnya tinggal klik print. Selesai.
Mudah kan.......Selamat mencoba.



07 Juni 2004 15:09:53

0
0

Dalam menggunakan trik bung Jaya ini hal yang perlu diperhatikan adalah ukuran gambar. Sebagai aturan dasar, usahakan resolusi yang dihasilkan dengan ukuran kertas ada di kisaran 240-300 DPI.
Sebagai contoh, gambar 6 MP (3000 x 2000 pixel) bisa mendapatkan ukuran gambar 10 x 6.7 inci untuk mendapatkan hasil optimal. Dibawah itu ketajaman gambar mungkin ga optimal, rekomendasi saya adalah resize gambar sampai ukuran yang diinginkan lalu aplikasikan sharpening sedikit.

Masalah ukuran gambar relatif gampang diselesaikan (atau ya memang kita terconstraint ukuran gambar tersebut). Yang jauh lebih sulit adalah mendapatkan warna cetakan yang sesuai dengan monitor. Nah sebetulnya tidak harus jadi susah, karena banyak printer sekarang yang mempunyai color profile yg bisa digunakan untuk mendapatkan hasil yang optimal (setidaknya "mirip" dengan monitor)

1. Yang perlu diperhatikan adalah kalibrasi monitor anda, kalo anda pake PS ada utility namanya adobe gamma, silahkan dicoba di control panelnya windows bagian adobe gamma. Tips yang perlu diperhatikan dalam menggunakan adobe gamma adalah coba perhatikan white point dari monitor anda, usahakan white pointnya sesuai dengan kondisi anda bekerja.

2. Attach color profile ke program, pake shift-ctrl-K atau edit-color settings, pilih default color profile yang akan di pasang ke gambar anda. Ada 2 color profile yang biasa di pakai

  • AdobeRGB 1998, yang ini dipakai kalo anda mau mencetak foto anda, punya karakteristik gamut (rentang) warna yang lebih lebar, tapi kalo kelihatannya kurang "punchy" butuh banyak pengaturan lagi.
  • SRGB, dipakai kalo mo dilihat di monitor, atau pencetakan yang tidak "high end". Gamut warna lebih sempit tapi kontras dan lain lain biasanya sudah OK.


3. Cetaklah dengan menggunakan color management. Seperti yang saya tulis di atas printer-printer sekarang banyak shipped dengan color profile yang secara gak sadar terinstall waktu kita instal softwarenya. Cetak pake mode color management, dan printer akan otomatis berusaha "menterjemahkan" tampilan di monitor dengan tampilan di printer. Makanya tahap pertama itu penting sekali karena menentukan apa yang bakal terinterpretasi oleh mata kita. Contoh dibawah adalah contoh buat Canon S520, yang shipped dengan color profile BJ 2000

Selamat mencoba



07 Juni 2004 15:39:25

0
0

Judulnya menjebak happy

Mungkin " Mempersiapkan foto yang akan dicetak dengan Photoshop "

Betul ngga ? happy

07 Juni 2004 15:49:38

0
0

Makasih Bang Andrian atas tambahan detilnya....happy

07 Juni 2004 17:22:21

0
0

Judulnya saya ganti ya, biar representatip

07 Juni 2004 19:24:54

0
0

Oke deh. No problem... happy

12 Juni 2004 10:08:17

0
0

Kalau tak salah, tulisan Irwansyah S. itu mempertanyakan bagaimana mendapatkan hasil kualitas color photo sesuai dengan yang sudah diset di PS pada sebuah printer. Sebab menurut dia, hasil printer selalu berbeda dan tidak pernah tepat sebagaimana photo sudah semupurna diolah di PS. Jadi menurut IS lagi, hasil cetak printer selalu "lari" dari setting.

12 Juni 2004 21:46:34

0
0

Mas herry ... pakailah color management big grin

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!

Kategori

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!

FN TEXT ADS

KABAR BAIK !! sekarang sudah tersedia FN text Ads, Syaratnya cuma 1: MEMBER FN !! BURUAN!!!