[ sharing ] Mungkinkah menormalkan kembali sebuah kamera oprek infrared ?

Oleh:  Dibyo Gahari (68766)    14 tahun yang lalu

  0 

Sharing ini untuk memberikan gambaran apa yang dilakukan pada sebuah kamera iR yang dikembalikan menjadi kamera normal. Dalam hal ini, Nikon D90 iR dioprek ulang menjadi kamera normal.

Kebetulan saya memiliki sebuah Nikon D90 yang sudah dioprek menjadi iR dengan versi fantasy iR, kemudian dioprek ulang menjadi goldie iR, dan saya perlu mengubahnya lagi menjadi kamera normal karena putra saya membutuhkannya.

Unit kamera yang akan dipasang kembali adalah hot mirror dan dust cleaning system. Hot mirror adalah bagian dari kamera yang dilepas pada saat kamera dioprek iR pertama kalinya ( kaca berwarna biru, di bagian kanan foto di atas ). Dust cleaning system adalah unit pembersih debu yang menempel pada hot mirror ( termasuk kaca transparan, di bagian tengah foto di atas ).

Bagi MyINFRARED & Cinfrared, adalah sebuah policy baku untuk mengembalikan hot mirror kepada pemiliknya, yaitu pemilik kamera.

Hot mirror selalu diusahakan utuh pada saat oprekan selesai, walaupun kadang2 gagal dilakukan. Walaupun musibah ini jarang sekali terjadi, tetaplah pecahan kaca filter hot mirror akan dikembalikan kepada pemiliknya. Jadi, hot mirror bukan dihancurkan, justru diusahakan agar tetap utuh, agar bisa digunakan kembali sebagai bagian dari unit sensor kamera normal.

Dalam kasus Nikon D90, seperti pada beberapa jenis kamera tipe baru lain, unit lain yang harus dilepas pada saat dioprek adalah unit dust cleaning system. Jadi 2 unit ini akan dipasang kembali pada body kamera.

Mengembalikan kamera iR oprekan menjadi kamera normal relatif sangat mudah dibandingkan proses pengoprekan menjadi kamera infrared. Walaupun resiko tetap saja ada, namun secara keseluruhan proses ini lebih terkontrol dibandingkan proses pengoprekan infrarednya.

dibyo gahari @ http://blog.myinfrared.com

Belum ada komentar