Penjelasan Konsep - Teknis Foto Tema Bulanan September Serasi foto berjudul " Peed"

Oleh:  IB Putra Adnyana (83899)    16 tahun yang lalu

  0 

Sesuai dengan ketentuan lomba foto bulanan, setiap nominator harus membuat konsep dari foto yang terpilih adalah berjudul "Peed" untuk tema Serasi pada Oktober 2007.

Foto “Peed” ini, keserasian terwujud dalam kesamaan warna busana yang dikenakan peserta prosesi. Mengapa mengenakan kebaya berwarna sama? Pada umumnya, masyarakat desa memiliki sifat gotong-royong yang kuat. Memiliki kesamaan dapat dirasakan sebagai suatu harmoni.

Dengan segenap keyakinan, melakukan persembahan kepada-Nya adalah merupakan kewajiban hidup. Sebagai wujud terima kasih atau rasa syukur akan kelimpahan kesejahteraan hidup, mereka akan merayakan dalam sebuah upacara suci dengan membuat sesajen yang merupakan rangkaian buah.-buahan, kue dengan berbagai ornamen yang desainnya menyerupai bentuk gunung segitiga.

Saat akan menuju ke tempat suci yang disebut Pura mereka melakukan Peed atau prosesi, yaitu mengusung sesajen / persembahan dengan cara mengusung di atas kepala.

Tantangan membuat foto ini adalah lalu lintas di sekitar areal suci pura yang padat, banyak orang berlalu-lalang, jadi bagaimana agar bisa mendapat momen tapi tanpa mengganggu jalannya prosesi dan pengunjung Pura yang lain. Memang diperlukan kesigapan dan kecepatan selain faktor keberuntungan. Dalam hal ini, salah satu keberuntungan yang diperoleh adalah ketika ada monyet yang melintas, karena memang lokasi ini merupakan kawasan hutan kecil dengan kawanan monyet yang dilindungi. Meskipun saya bisa saja menggunakan cloning stamp untuk menghilangkan gelas air mineral kosong, yang bagi sebagian orang mungkin dirasa cukup mengganggu, entah mengapa saya ingin membiarkannya.

Berikutnya adalah proses editing yang dilakukan dengan software Photoshop. Agar tampak lebih cerah, warna ditingkatkan melalui : Image > Adjusment > Hue/Saturation , saturationnya dinaikkan sebanyak 11%. Untuk memberi kedalaman pada gambar dilakukan burning pada bagian-bagian tertentu, seperti di bagian-bagian sudut gambar Untuk menambah ketajaman gambar digunakan Filter > Sharpen > Unsharp Mask, dengan ketentuan sebagai berikut : Amount 50 %, Radius 4.0 pixels, Treshold 0 levels.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.
Belum ada komentar