Konsep foto Nyanyian Sunyi

Oleh:  IB Putra Adnyana (83899)    16 tahun yang lalu

  0 

Sesuai dengan aturan lomba foto bulanan, setiap nominator harus membuat konsep foto. Dengan ini saya sampaikan konsep foto “Nyanyian Sunyi” yang terpilih sebagai nominasi pada Agustus 2007 dengan tema “Merah Putih”.

Dalam merebut kemerdekaan dari penjajah, tidak sedikit para pejuang bersedia mengorbankan nyawa. Setelah kemerdekaan diraih, banyak dari para pejuang kembali melanjutkan hidup sebagai masyarakat biasa karena merasa tugasnya merebut kemerdekaan sudah usai. Ada yang bernasib baik, namun ada juga yang kurang beruntung Yang bernasib baik hidupnya sejahtera. Bisa meraih kedudukan tinggi di badan pemerintahan atau berkarier sebagai pengusaha. Yang nasibnya kurang beruntung ada yang mengeluh, namun ada juga yang berusaha tegar menerima kenyataan bahwa itu sudah menjadi jalan hidup yang harus ditempuhnya.

Dalam foto “Nyanyian Sunyi” saya mencoba untuk menggambarkan seorang pejuang yang menjalani kehidupan pasca-perjuangannya dengan sederhana. Terkadang ada perasaan tersisihkan, namun karena menganggap perjuangannya adalah tanpa pamrih dia berusaha menjalani sisa hidupnya dengan tegar. Setidaknya cucunya tidak mengalami penderitaan hidup dalam penjajahan. Mungkin dentingan gitar bisa sedikit menghiburnya menjalani sisa hidupnya.

Dalam pemotretan ini saya menggunakan 3 titik lampu dengan jarak ke POI antara 1-1,5 meter. 2 flash menggunakan standard reflector dan honeycomb , sedangkan 1 flash lagi menggunakan softbox (lihat skema).

Untuk tahap akhir dilakukan editing di Photoshop. Agar dapat lebih menonjolkan POI maka dilakukan burning di beberapa bagian foreground dan background dengan menggunakan Burn Tool. Pertama, lakukan duplikat pada gambar asli, lakukan burn di beberapa bagian, kemudian atur opacitynya diturunkan 77 % agar editing tampak wajar. Untuk memberi penekanan tone pada beberapa begian penting saya menaikkan saturasinya. Lakukan duplikat pada gambar asli. Pilih hue/saturation dan naikkan saturasinya 11%. Agar skintone objek tetap normal, lakukan masking pada bagian-bagian kulit objek. Tahap akhir adalah mempertegas ketajaman gambar. Lakukan duplikat pada ganbar asli. Lalu pilih filter > sharpen > USM ( A : 50 %, R : 4.0 px, T : 0 levels). Karena yang dipertajam hanya bagian tertentu saja, seperti misalnya sekitar area wajah, terutama mata, bagian lain dilakukan masking seperti background misalnya.

Semoga bermanfaat. Jika ada bagian penjelasan yang membingungkan, silahkan di PM. Terima kasih.
Belum ada komentar