Penjelasan Nominee Foto Lomba Bulanan Tema Landscape Hitam Putih dengan judul "Misty Flow"

Oleh:  Al Juniarsyam (116647)    16 tahun yang lalu

  0 

Dear FNers,

Sebelumnya mohon maaf baru bisa submit penjelasannya sekarang. Disini saya ingin share informasi mengenai teknik pemotretan dan olah digital dari foto saya dg judul “Misty Flow” untuk memenuhi salah satu persyaratan lomba bulanan FN dengan tema landscape hitam putih. Konsep foto ini sebenarnya sederhana saja, tapi kebetulan ide yang saya dapat pada saat itu hanya ingin menampilkan foto dg slow speed effect pada aliran air untuk menambah kesegaran dari efek airnya.

Proses pemotretan :

  • Karena kemampuan kamera saya (sony DSC F717) kurang diaperture (max F8), maka salah satu syarat untuk mendapatkan efek slow pada air dengan bukaan F8 untuk mendapatkan normal eksposure dan detail depth of field, saya memoto air ini dipagi-pagi hari sekitar jam ½ 6 pagi (kondisi cahaya masih low light) ditambah filter CPL (untuk menurunkan exposure 1 step down). Selain itu suasana pagi hari sangat bagus untuk menambah suasana misty (kabut) yang diakibatkan menjelang turun salju dan diharapkan mendapatkan semburat cahaya dari matahari pagi secukupnya.
  • Set kamera ke manual mode, setting ini saya set ke shutter 1 second dengan aperture F8 (normal eksposure), ISO 100
  • Tripod difungsikan untuk mengurangi efek shaking dari shutter.
  • Metering mode center weighted ke arah normal light (daun hijau pohon).


Proses Olah Digital (sederhana – menggunakan photoshop CS):
Proses olahannya hanya sederhana, convert original foto yang berwarna ke Black and White dengan menggunakan fungsi desaturate kemudian naikkan kontras dan turunkan brightness sebagai sentuhan terakhir.

Begitu penjelasan konsep tentang foto dengan judul “Misty Flow” ini. Semoga informasi konsep ini bisa bermanfaat. Saran dan masukannya sangat saya hargai demi kesempurnaan olah digital konsep black and white dilain waktu.

Regards,
Al Juniarsam...
Belum ada komentar