Konsep dan penjelasan foto ' Sebelum Mentas'

Oleh:  IB Putra Adnyana (83899)    16 tahun yang lalu

  0 

Sesuai dengan persyaratan untuk foto yg memperoleh nominasi harus membuat konsep dan penjelasan.

Menari selain dapat menyalurkan ekspresi seni, juga secara tidak langsung dapat sebagai kegiatan olahraga. Namun di Bali menari juga memiliki sisi spiritual, terutama yang dipentaskan saat upacara agama. Dalam upacara tertentu, ada sejumlah tarian yang hanya boleh ditarikan oleh anak-anak yang belum beranjak dewasa.

Melihat penari cilik yang bakal mentas ini saya teringat dengan busana pendeta buddha dengan warna orange yang mencolok. Keuntungan lain adalah pada BG warna hijau daun memberi kontras yang menarik. Foto anak-anak ini saya abadikan sesaat sebelum mereka mentas disebuah upacara agama di kabupaten Bangli. Sore hari, menjelang matahari terbenam, cahaya menerobos masuk melalui pepohonan dan cahaya jatuh dibelakang anak-anak Refleksi cahaya pada warna orange bagi saya sangat atraktif, mendukung suasana ceria khas anak-anak. Saya variasikan kecapatan untuk mendapatkan metering yg pas. Namun ternyata ada beberapa bagian yg kehilangan detail karena refleksi cahaya matahari yang cukup kuat.

Untuk mengatasi hal ini menggunakan PS , saya buat layer baru ( new layer), buat isolasi dengan Lasso Tool, kemudian brushing secara perlahan dengan warna yang terdekat, dengan meng-klik warna tersebut sambil menekan tombol Alt. Opacity diturunkan 33 %, sehingga bagian yang ‘washout’ ada gradasi warna. Bagian bawah di-burn dengan opacity 33 % supaya nampak lebih berdemensi. Setelah itu lakukan flatten image. Moga berguna.
Belum ada komentar