Scanning Film negatif dengan scanner murah.

Oleh: Ryan Widi Saputra (661)    17 tahun yang lalu

  0 

Pertama-tama, yg dibutuhkan dalam scanning film adalah kesabaran, aku udah nyoba scan dengan berbagai macam cara di scanner yg sama, hasilnya selalu tidak pernah maksimum, ato saya merasa masih kurang.
Pengalaman saya:
saya beli 8400f 2taun yg lalu, harga sekitar 2jt, baru, karena tertarik fitur FAREnya. Pertama saya puas sekali karena memang hasilnya bagus, dan foto saya bisa dicetak sendiri-kalo dicetak di lab, hasilnya tidak konsisten kadang bagus, kadang jelek banget, dan mereka tidak mau disalahkan.
8400f ini saya gunakan dengan cara-cara stardarlah, scan negati ya pake mode negatif, pake FARE. Hanya satu yg bikin males: lama banget scannya, kayaknya software Canon kurang efisien.
Sekarang ini kamera digital SLR jauh lebih murah dibanding 2 taun yg lalu. Tapi karena saya belum punya, dan masih ingin memaksimalkan kamera film saya, saya melakukan beberapa percobaan
1. Membuat sebuah foto referensi yg isinya adalah foto cover belakang DVD game dimana ada tulisan kecil-kecil. Foto dilakukan dari jarak 2 meter dengan Pentax ZX-M dan Nikon F75 dengan lensa standar. Menggunakan film yang sama, pertama 16frame dishot pake Nikon, kemudian filmnya digulung dan saya tarik lagi ujungnya kemudian dipasang di Pentax. Aku juga memotonya memakai Canon A430, 4Mpixel, ukuran objek diset sama di frame jadi di zoom sekitar 2.5kali
2. Setelah dicuci, aku buat kaca pembesar kecil, dari bekas lensa kamera pocket film beli di loak. Saya lihat dari Hasil pentax dan Nikon, wah masih tajam yg Pentax, mungkin karena pake AutoFocus, yg nikon kurang presisi. Tapi dikedua frame tsb, tulisan di cover CD masih terbaca dengan sangat jelas sekali. Kemudian saya bandingkan dengan Canon A430, masih lebih tajam yg film. Yg di digital 4mp, tulisan memang tajam tapi ukurannya mungkin cuma 7x7pixel per huruf jadi tidak terbaca. Kesimpulan A430 sudah tajam, hanya sensornya kurang besar megapixelnya.
3. hasil negatifnya aku scan dengan 8400f->hasilnya benar2 tidak terbaca, alias blur di wilayah tulisan tersebut:
Lanjut ke berikutnya
berikut foto referensi tersebut:
Full frame:

Belum ada komentar