Spesifikasi Enlarger FUJIMOTO..????

Oleh: Yanuar Gajaksahda (801)    19 tahun yang lalu

  0 

Saya punya enlarger warna fujimoto dengan lensa sinker 75 mm. Saya belum banyak mengerti kelebihan dan kekurangannya. Saya beli dgn harga 2 jt dari teman saya. Terimakasih atas infonya.

Re: Spesifikasi Enlarger FUJIMOTO..????

Oleh:  david hermandy (3403)    19 tahun yang lalu

 0 

Type-nya yang apa nih? agak kurang spesifik pertanyaannya.
Semua enlager sama bagusnya, tergantung bagaimana kita menggunakannya.

Fujimoto G70 kalo saya tidak salah termasuk enlarger yang bisa diuba-ubah dari condenser ke diffuser dengan cara membalik semacam mirror. Enlarger warna lebih praktis jika kita mencetak foto hitam putih dengan kertas variable contrast. Enlarger ini juga dilengkapi built-in timer. Focussing-nya memiliki dua dial, satu dial sebagai fine focusing cukup membantu
Kelemahannya saya rasa hanya 'body'-nya yang kurang kokoh itu aja

Untuk lensa kalo bisa sebaiknya diganti dengan nikkor atau rodenstock atau scheneider.
Lensa 75mm adalah lensa untuk negatif 6x6cm. jika digunakan pada negatif 135 hasil proyeksi akan menjadi kecil, sehingga untuk melakukan pembesaran, enlarger harus dinaikan tinggi sekali, jadinya kurang efektif.

Re: Spesifikasi Enlarger FUJIMOTO..????

Oleh:  Donal Husni (1534)    19 tahun yang lalu

 0 

udah sesuai lah mas harganya... kalo lensa betul pake nikor atau rodagon... untuk lensa nikor dipasar baru ada beberapa lensa enlarger dijual dengan pasaran harga Rp. 300.000 Kualitas enlarger Fujimoto menurutu saya samalah dengan Durst atau Leitz.....kontrasnya keluar pake enlarger ini. Kalau boleh saya kasih tau kualitas enlarger akan mempengaruhi kualitas gambar dari pengalaman yang saya alami. Jadi enlarger yang anda punya sudah sangat baik, tinggal beli lensanya aja. Selamat mencetak ampe pagi!!

Re: Spesifikasi Enlarger FUJIMOTO..????

Oleh:  Arief Setiawan (74146)    19 tahun yang lalu

 0 

Mas Yanuar... Semua jawaban yang diuraikan Mas David Hermandy sudah sangat bener, mungkin saya lebih menambahkan saja. Untuk mencetak BW sebaiknya pakai enlarger condenser yang spt Mas punya, karena mempunyai tingkat kekontrasan yang sangat baik. Jika mencetak memakai kertas multicontrast, multigrade atau variable contrast, sebaiknya coba membeli filter kit untuk menaikkan atau menurunkan kontras. Jika memakai filter warna pada enlarger warna, kombinasi warna magenta-yellow nya kadang2 membingungkan. Tapi bukan itu alasannya, enlarger warna memakai sistem platform diffuse exposing, jadi dia memanfaatkan box pelembut cahaya untuk menyinari negatif, makanya enlarger warna sering berbentuk kotak sementara enlarger BW lebih berbentuk lonjong.

    Enlarger warna pada saat untuk mencetak BW, seringkali terlalu soft dan penurunan kontras bisa turun 1/2 sampai 1 grade tingkat kekontrasan. Sedangkan enlarger condensed, memakai bantuan kaca sebagai penguat sinar, sehingga cetakan bisa lebih kontras.
      Saran saya mungkin sama dengan yang lainnya, bahwa enlarger Fujimoto termasuk enlarger bagus. Tapi sebagus apapun enlarger, sebaiknya pakailah lensa yang bagus, karena kualitas cetakan foto tergantung pada lensa. Saran saya sebaiknya pakailah lensa Schneider (Componon) atau Rodenstock (Rodagon) karena ketajaman optis nya bagus. Lensa Nikon sekalipun masih dibawah ini kualitasnya. Pilih juga panjang fokal 50mm untuk mencetak negatif 35 karena fokal 75mm biasanya untuk mencetak negatif 120, seperti format 654 atau 66. Pada cetakan 8R, mungkin ketajaman optis blm terasa. Ketajaman optis baru terasa pada cetakan besar, seperti 12R atau 20R. Semoga berkenan Mas...