gimana nyampur ilford id11 bubuk

Oleh: Zuhdi Huda (1923)    19 tahun yang lalu

  0 

saya awam di proses hitam putih dan kapan hari saya dikasih teman id11 bubuk & fixer ilford cair. Gara2 ini saya kepengan coba cuci hitam putih sendiri tapi gak tau cara nyampur obatnya. Ada gak yang bisa bantu saya soalnya temen saya yang ngasih juga sama2 gak bisa. plisss ya

Re: gimana nyampur ilford id11 bubuk

Oleh:  david hermandy (3403)    19 tahun yang lalu

 0 

Developer bubuk umumnya dilarutkan dengan air pada suhu 48-58 Celcius, suhu ini untuk memudahkan bubuk tersebut larut.

Pada kemasannya biasanya tertera satu bungkus itu bisa untuk membuat berapa liter.
Yang penting adalah penggunaan air, usahakan menggunakan air suling jika tidak ada bisa digunakan air minum mineral.

Re: gimana nyampur ilford id11 bubuk

Oleh:  Dominikus BW (37242)    19 tahun yang lalu

 0 

Pada dasarnya ID 11 itu terdiri dari 2 bagian, A dan B, unk membuat larutan stock ID 11 :

Pertama adalah mencampur part A dg ¾ dari total volume larutan yg tertera pada kemasaannya, jika kemasaannya 1 liter maka campurlah bubuk yg ada di dalam kantong A tsb dg 750 ml air dan air yg digunakan usahakan destiled water dg suhu 40ºC/104ºF. Aduklah larutan tersebut sampai bubuknya bercampur dg air hingga, setelah seluruhnya bercampur kemudian masukan part B sedikit demi sedikit sambil terus diaduk larutan tsb. Setelah semuanya larut baru tambahkan ¼ destiled water unk melengkapinya. Sebelum disimpan ke dalam botol penyimpan, usahakan suhu larutan tsb berkisar 20–24ºC ( 68–72ºF) barulah simpan di tempat yg aman dan kering.

Saya sarankan untuk selalu membuat larutan stock ID 11 tersebut berdasarkan volume yang tertera pada kemasannya, jangan mencoba untuk mencampur lebih sedikit atau kurang dari apa yg tertera di kemasannya.