memilih enlarger difusser

Oleh: kenny wijaya (337)    19 tahun yang lalu

  0 

kalo saya mau beli enlarger diffuser kira2 merek apa ya yg bagus trus lensa nya merek dan tipe apa ya yg bagus?

Re: memilih enlarger difusser

Oleh:  david hermandy (3403)    19 tahun yang lalu

 0 

Coba cari di bursa FN, karena pada dasarnya enlarger tidak memiliki piranti elektronik yang rumit, hanya adaptor 12V atau 24V, jadi rada aman jika beli bekas.

Yang rada lumayan LPL, kalo mau yang bagusan Durst, tapi tergantung tipenya juga, semakin besar biasanya semakin kokoh dan nyaman untuk pembesaran.

Kalo mau beli baru, yang jual LPL : Aneka Warna, Durst sepertinya sudah gak ada yang baru, atau coba tanya Prima Color, mereka jual enlarger buatan Jerman, bagus banget tuh.

Lensa yang ada di sini, Rodenstock : Aneka Warna, Schneider : Prima Color.

Untuk Rodenstock yang bagus tipe Rodagon, ada juga APO-Rodagon, tapi lensa APO tidak seberapa efektif untuk BW
Schneider yang tipe Componon S, sama dengan Rodenstock, ada juga Schneider APO Componon HM, tapi percuma buat BW, yang Componon aja sudah sangat bagus.

Re: memilih enlarger difusser

Oleh: kenny wijaya (337)    19 tahun yang lalu

 0 

saya liat di www.adorama.com lensa enlarger Schneider yang tipe Componon S paling kecil hanya ada 50 mm, sebenar nya kalo pake lensa 50 mm buat negatif kecil 35mm, kekurangan nya apa sih apakah negatif 35mm harus pake lensa 30mm yg standar? trus kalo saya pake lensa yg 50 mm efek nya apa? (kalo negatif 35mm pake lensa 30mm hasil nya gimana....? kalo lensa 50mm gimana.....?) tolong ya penjelasan nya, masih agak bingung kalo soal lensa enlarger.
sekedar info saya sekarang memakai enlarger bikinan cina dengan lensa bawaan yg jelek sekali (kelihatan nya) 30 dan 50 mm.

kalo ada duit sih rencana nya pengan up grade bagi yg sangat berpengalaman dalam dark room mohon bantuan nya...
thanks....

Re: memilih enlarger difusser

Oleh:  david hermandy (3403)    19 tahun yang lalu

 0 

Focal lenght lensa enlarger harus disesuaikan dengan ukuran film
film 135 : 50mm
film 6x4.5 atau 6x6 : 65mm
film 6x7 : 80mm

jika kita menggunakan lensa yang lebih kecil, misalnya film 6x7 dengan lensa 50mm akan terjadi vignet, yaitu pojok gambar tidak tercover oleh lebar lensa.

Sedangkan jika kita menggunakan lensa yang lebih besar, misalnya film 135 dengan lensa 80mm, gambar proyeksi menjadi kecil sehingga enlarger harus dinaikan setinggi, mungkin, dan otomatis menambah exposure.

Film 135 jika menggunakan lensa 30mm saya kurang tahu apakah akan terjadi vignet, tapi paling aman menggunakan 50mm.

Penggunaan lensa besar pada format 135 (mis 65mm atau 80mm) memberi keuntungan pencahayaan lebih rata. Ini umumnya dijumpai pada enlarger condenser dimana cahaya yang jatuh pada bagian tengah lebih kuat dibandingkan daerah pinggir.

Re: memilih enlarger difusser

Oleh: kenny wijaya (337)    19 tahun yang lalu

 0 

oh begitu thanks banget ya atas penjelasan nya"