(ask) Street Photography samakah dengan Candid Photo dan Travel Photo

Oleh: Joze Arimatea Pranatha (3152)    13 tahun yang lalu

  0 

Kebetulan beberapa waktu lalu ketemu dengan beberapa teman yang sering jalan2 n motret d sepanjang perjalanan mereka. dan mereka share tentang foto2 yang mereka masukan dalam kategori Street Photography.

Kebetulan aku juga sering bepergian dan mendokumentasikannya dalam kameraku. Dan ada beberapa foto yang menurutku layak dikatakan sebagai Street Photography.(meskipun sebenarnya pemahamanku akan itu masih kurang)

Tapi oleh mereka, foto2ku itu ga masuk dalam kategori Street Photography. Malah hanya sebagai foto candid atau bahkan foto perjalanan biasa. Padahal aku liat kebanyakan foto yang mereka bikin juga kurang lebih dengan yang aku bikin. Dan malah menurut mereka, Street Photography harus selalu identik dengan perkotaan dan jalanan diperkotaan. Benarkah begitu?

Karena menurut pandanganku, Street Photography adalah foto jalanan yang bisa dilakukan dimana saja. bukan hanya didalam kota, bisa juga di perjalanan keluar kota, pedesaan dan bahkan tempat liburan seperti tempat wisata bahkan di dalam pusat perbelanjaan sekalipun. dan memang otomatis masuk dalam kategori candid foto.

Yang ingin aku tanyakan sama seperti d judul.
karena bagaimana menilai bahwa foto itu layak masuk dalam kategori street photography atau tidak.
mohon masukan dari para sesepuh.....^_^ *foto di ambil dari dalam mobil waktu dalam perjalanan keluar kota

Belum ada komentar