PLEASE HELP !!! : D7000 ku, tombol ngaco.

Oleh:  Singgih Arfianto (5351)    11 tahun yang lalu

  0 

Sore ini pas meliput acara wedding, tiba2 D7000 ku ngadat.
Gejalanya seketika yang kutemui, AF point lari ke kiri terus, begitu mentog kiri langsung muncul dari kanan dan seterusnya kekiri, begitu terus.
Aku pikir aku gak sengaja mencet tombolnya entah di bodynya entah di BG-nya. Tapi nyatanya udah ku matikan, dan kunyalakan lagi tanpa menyentuh apapun, itu AF point lari  ke kiri terus (aku pake single point AF, favoritku).
Setelah berhasil kehilangan moment setelah akad nikah (salaman, cium kening, tukar cincin, pamer buku nikah, dll), akhirnya aku minggir dulu buat neliti lebih jauh.

Dan berikut ini adalah rangkuman daftar error yg menyertai :
1. Seolah2 tombol kiri di bodi korslet, sehingga AF point lari ke kiri terus. BG udah aku lepas tetep sama. Mau brenti kalo switch AF (diatas tombol INFO) di lock [L].
2. Jika aku memaksa mencet shutter, AF point brenti di kotak yg saat terakhir exposure dan tidak lari lagi. Tapi setelah OFF, begitu ON akan lari lagi.
3. Beberapa tombol mati dan tidak merespons.
   3.A. Tidak meresponse sama sekali : Tombol playback, delete, menu, record video, info, multi (up down left right), OK.
   3.B. Meresponse hanya pada modus bidik tapi tidak meresponse pada modus playback : (WB, ISO, QUAL pada bidik). (Lock/Help, Zoom-Out, Zoom-In pada playback). Saat ini masih bisa masuk modus playback karena settingan terakhir kali aku pilih image review ON, dan review ini akan tetap nyala selamanya jika dibiarkan. Dari keterangan nomor 3.B ini artinya secara hardware tombol WB,ISO,QUAL masih berfungsi.
   3.C. Tombol lain masih berfungsi normal : Power ON-OFF, Panel Light, Shutter, Kompensasi, Metering, Dial, Sub Dial, LiveView, AEL-AFL, Bokeh Preview, Flash, BKT, AF Mode, Exposure Mode Dial, Scene Dial.

Sehingga dengan kondisi ini, saya serasa memegang kamera analog (film), karena tidak bisa melakukan :
1. Chimping, melihat hasil, mereview, menghapus foto. Bahkan tombol Dial yg seharusnya berfungsi sebagaimana tombol kanan kiri pada modus playback, tidak akan berfungsi. Tetapi jika digunakan untuk merubah speed pada modus bidik masih bisa.
2. Menu, merubah settingan yang menggunakan LCD utama. Saya hanya bisa pasrah semoga kondisi lapangan selanjutnya cocok dengan settingan terakhir ini.
3. Melihat data exif setiap foto (menggunakan up/down).
4. Bahkan, untuk melakukan kombinasi FACTORY RESET pun sepertinya tidak meresponse, karena setahu saya response factory reset berhasil ditandai dengan berkedipnya panel LCD secondary, dan ini tidak ada kedip sama sekali. Dan anehnya... padahal kombinasi tombol factory reset ada pada tombol QUAL+Kompensasi yang sama2 masih berfungsi jika di gunakan sendiri2 untuk mengatur QUAL maupun untuk mengatur KOMPENSASI.

Buat teman2, master, suhu, om2, tante2... mohon advice-nya. Makasih yaa....

Belum ada komentar