[Share] Jumlah Blade penyusun lensa dan star effect

Oleh:  Uchin Mahazaki (21728)    12 tahun yang lalu

  0 

Bila anda sedang mempertimbangkan untuk memiliki sebuah lensa wide/ultra wide maka faktor yang hampir tidak pernah dimunculkan ini sepertinya bisa dijadikan pertimbangan juga : JUMLAH BLADE LENSA.

Terlebih apabila anda user yang gemar dengan foto foto lampu/matahri untuk menciptakan star effect maka faktor jumlah blade saya rasa perlu menjadi pertimbangan utama.

Bila kita perhatikan, ada korelasi langsung antara jumlah blade dengan bentuk star effect (pada jumlah tangan penyusun bintangnya).

Untuk lensa dengan jumlah blade ganjil, maka jumlah tangan penyusun di star effectnya akan berjumlah 2 kali jumlah blade). Misal lensa dengan 5 blade, pasti ada 10 tangan di star effectnya.

Tetapi untuk jumlah blade genap, maka jumlah tangannya tetap sama dengan jumlah bladenya . Misal lensa dengan 6 blade, pasti ada 6 tangan di star effectnya

 

note: saya hanya membahas dari sisi star effectnya saja ya, jadi perbedaan warna dan ketajaman bisa dikesampingkan serta mungkin kalau menggunakan filter star hal hal yang saya tulis bisa jadi tidak berlaku (belum pernah pakai filter star)

Belum ada komentar