[WTA] Persiapan Kamera untuk Ekspedisi Gunung Es

Oleh:  Reza Devianto H. (3902)    14 tahun yang lalu

  0 

Desember ini, saya bersama kelompok pencinta alam dari Bandung berencana mengadakan ekspedisi ke gunung es yang terletak di Cina. Ketinggian gunung tersebut sekitar 5.400 mdpl, dengan kisaran suhu -4oC dan bersalju. Kebetulan saya yang ditunjuk sebagai koordinator dokumentasi. Rencana nya kami akan membawa kamera Canon Powershot S5is dan Canon 400D, dan mungkin sebuah handycam.
Oleh karena itu, saya minta masukan dari teman2, khususnya yang sudah pernah melakukan perjalanan ke daerah yang bersalju mengenai :
1.Apa yang harus dipersiapkan untuk melindungi kamera dari suhu dingin (salju) ?

2.Mengingat waktu perjalanan kami berlangsung selama 8 hari tanpa adanya sumber daya, sedangkan baterai cenderung lebih cepar drop pada suhu dingin. Apakah ada sumber daya lain yang portable (solar cell mungkin) ?

3.Apakah ada peralatan kamera lain yang wajib dipakai di daerah yang bersalju (filter, dll.) ? Karena saya dengar salju memberikan pantulan cahaya matahari yang cukup kuat.

4.Apakah ada tips dan trik khusus untuk foto di gunung bersalju, soalnya belun pernah liat salju sama sekali nih... (mengenai metering, exposure, dll.)

Semoga teman2 yang lebih berpengalaman bisa membantu, sehingga ekspedisi ini dapat terdokumentasikan dengan baik. Terima kasih....

Belum ada komentar