Portret Kehidupan di Kreuzberg, Berlin : The Small Istanbul

Oleh:  Eva Tobing, IPEY (76002)    15 tahun yang lalu

  0 

Kali ini saya mau coba sharing ke teman² portrait kehidupan di salah satu sisi kota Berlin yg bernama Kreuzberg. Ini adalah hasil huntingku bareng 3 orang teman² sehobby: Klaus, Karl-Heinz dan Frank.

Sedikit tentang Kreuzberg.
Terletak di perbatasan antara West-Berlin dan East-Berlin, dimana bagian wilayah terbesarnya masuk ke wilayah barat Berlin.
Hal yang menarik dari Kreuzberg adalah daerah ini nampak seperti terisolasi dari daerah² lain di West-Berlin karena merupakan daerah paling miskin di Berlin, dengan tingkat pengangguran dan kriminal paling tinggi dan income penduduk paling rendah.

Kreuzberg juga dikenal karena jumlah imigrant (orang asing) nya yang sangat besar dan mostly adalah keturunan Turki, karena itu dikenal dengan sebutan "Die kleine Istanbul (the small Istanbul)". Hasil sensus (2006) menyatakan lebih dari 35% penduduk yg tinggal di Kreuzberg tidak mempunyai kartu kewarganegaraan Jerman, meskipun mereka sudah hidup bahkan sampai 2 generasi di sini. Banyak fenomena kehidupan yang menarik yang bisa kita lihat di Kreuzberg.
Tidak semua daerah di jerman itu bersih, indah, teratur, dan aman... karena Kreuzberg jauh dari itu gambaran seperti itu.

Semua foto yg saya upload di sini adalah dari kamera saya doang, karena 3 teman² yang lain belum masuk anggota FN.. :p
Inilah portrait kehidupan Istanbul Kecil dalam hitam dan putih. Enjoy!

Salam,
- Eva, Klaus, Karl-Heinz, Frank

Belum ada komentar