[Share] Preset WB D40x (non-oprek)

Oleh:  Andy Natawijaya (26573)    16 tahun yang lalu

  0 

Rekan2 pecinta IR terutama para pemakai D40x, saya sekedar pengen share aja mengenai preset WB di D40x yang selama ini (sepengetahuan saya) selalu bermasalah jika kita ingin preset WB di kamera. Mungkin diantara rekan2 sudah ada yang mengetahui cara ini, tapi saya coba search di forum kita sepertinya belum ada yang membahas secara detail mengenai preset WB di D40x seperti ini.

Awalnya dulu saya cuma penasaran pengen coba2 IR, mo oprek belum tega, soalnya ini the only DSLR I have, hehehe... akhirnya beli deh Cokin P007, baca2 di forum preset WB di D40x sepertinya agak bermasalah sehingga banyak yang menyarankan untuk menggunakan WB Indescense atau Fluoresence saja. Kelemahannya hasil mentah dari kamera bermandikan warna merah, untuk diolah butuh kesabaran extra (bagi saya), hehehe...

Coba2 baca lagi di forum, ternyata shot dengan NEF (WB terserah, hasil pasti merah meriah) trus file mentahnya diset WB pake Capture NX, hasilnya lumayan udah ga bermandikan warna merah lagi, trus dilanjutkan dengan Photoshop bisa menghasilkan foto IR yang lumayan. Cara inilah yang akhirnya saya pilih untuk foto2 IR saya selama ini. Kelemahannya, cukup ribet pengolahannya, mesti punya/pake Capture NX untuk set WB-nya.

Nah, tadi siang iseng2 pengen nyoba2 lagi set WB di kamera, masih penasaran, hehehe... pengennya sih biar hasil shot mentah dari kamera ga merah meriah lagi, coba2 preset WB-nya pake long exposure (30 sec), eh ternyata sukses, hasil shot saya dari kamera pake filter P007 udah ga bermandikan warna merah lagi...

Berikut langkah2 yang saya lakukan waktu set WB tersebut:
- Pake tripod (wajib) soalnya kita akan main di long exposure.
- Pake mode M, settingan saya ISO-200, f/8, 30 sec.
- Dengan filter terpasang, saya fokuskan ke arah daun (pake auto fokus).
- Trus masuk ke MENU --->WHITE BALANCE ---> PRE ---> Measure ---> Overwrite bla..bla... YES
- Saya set timer 5 sec, trus jepret deh, tunggu 30 sec, jika hasil kita cukup bright sehingga kamera bisa mengukur WB pake foto yang kita ambil akan muncul tulisan Data Acquired di pojok kiri atas LCD. Jika tidak sukses maka muncul tulisan Unable...bla...bla... (saya lupa, hehehe...)
- Trus dengan WB yang baru ini saya coba ambil foto IR dengan settingan yang sama seperti di atas (mode M, ISO-200, f/8, 30 sec), hasilnya di LCD saya foto udah ga bermandikan warna merah lagi.

Saya kurang tau apakah cara ini dapat bekerja juga di D40/D60, soalnya belum pernah nyoba pake kedua kamera tersebut, mungkin ada rekan2 yang sudah mencoba?

Cara ini memang dikhususkan pada para pemakai D40x yang belum tega untuk oprek kameranya, atau masih dalam tahap pengen coba2 foto IR aja, dan objek-nya pun masih terbatas pada objek statis seperti landscape atau arsitektur, dll, soalnya seperti kita maklumi bersama kalo ngga oprek maka kita harus main di slow speed atau long exposure (kasian kan kalo pake model trus dia-nya disuruh diem ga boleh gerak selama 30 detikan, hehehe...).

Semoga bermanfaat,
Salam IR...



Update: Hal 2 ada contoh pake Hoya R72...

Belum ada komentar