Konsep adalah Strategi

Oleh: Fred Soritua (422)    16 tahun yang lalu

  0 

saya tertarik berbicara mengenai konsep setelah membaca beberapa tulisan mengenai konsep.Konsep adalah sesuatu yang penting dalam membuat karya foto.Mengapa hal tersebut menjadi penting?Karena menurut saya konsep adalah suatu strategi sebagai pendekatan dalam berkarya.Dalam fotografi tentu banyak sekali aspek yang menjadi bahan pertimbangan seorang fotografer, apakah itu hal teknis ataupun non teknis. Dari sekian banyak aspek tersebut manakah yang dipilih sebagai prioritas untuk menghasilkan karya yang optimal? disinilah konsep atau strategi sangat diperlukan.
Membaca dari tulisan seorang fotografer senior bahwa dalam melakukan suatu pemotretan, beliau lebih mementingkan kejelasan sebelum melakukan pemotretan,bagaimana tata cahaya yang akan dibuat, bagaimana pravisualisasi hasil nantinya, seperti apa DI yang yang akan dilakukan dengan tujuan efektifitas dan efisiensi sehingga menghasilkan karya yang optimal, hal tersebut merupakan konsep atau strategi.
Dalam bahasa sederhana sebuah konsep tidak hanya dapat dipikirkan saja, tetapi harus dilakukan.Bila mana hanya dipikirkan hal tersebut masih merupakan awang awang saja, bila dilakukan baru menjadi satu realitas bahwa setidaknya strategi anda telah diuji kebenarannya.

Belum ada komentar