Foto Sunset merusak CCD ?

Oleh:  Anthony Suhartanto (7867)    20 tahun yang lalu

  0 

Saya baru beli majalah Digicom edisi Januari 2004.Disitu ada revew camera Minolta Z1.Sewaktu membahas dial mode untuk sunset penulis memperingatkan untuk menghindari mengekpos kamera ke matahari terlalu lama karena dapat merusak CCD camera. Mohon pendapat rekan-rekan benarkah demikian ? Dan kalau benar berapa lama ekpose yang aman untuk foto sunset/sunrise.

Re: Foto Sunset merusak CCD ?

Oleh:  iing Gunawan, sidoel (27236)    20 tahun yang lalu

 0 

mungkin expose kalo matahari terik banget kali mas, mata juga bisa picek :).
kalo sunrise sama sunset mataharinya kan nga silo bnaget, saya bilang sih nga apa apa.

Re: Foto Sunset merusak CCD ?

Oleh:  Andry ALAMSYAH (6702)    20 tahun yang lalu

 0 

masa sih ??? :-? penulisnya punya pengalaman buruk kali .. :D

Re: Foto Sunset merusak CCD ?

Oleh:  Kristupa W Saragih (176444)    20 tahun yang lalu

 0 

Pada saat masih membidik, rana (shutter) belum terbuka, jadi CCD/CMOS tidak terkena cahaya. Ketika memotret sunset atau sunrise biasanya foto-foto yang bagus dibuat malah pada saat matahari sudah redup. Jadi tak terlalu masalah dengan intensitas cahaya. Kalaupun memotret siluet (pada saat matahari masih bersinar) justru yang dipakai adalah kecepatan rana tinggi. Jadi CCD/CMOS sangat sebentar terekspose ke sinar matahari. Saya jadi ingin tahu seperti apa foto sunset yang dibuat penulis artikel itu sehingga bisa membuat pernyataan seperti itu :-?

BTW, kalau memotret tanpa sinar apa bisa? Bukankah fotografi = melukis dengan cahaya? Mungkin yang dimaksud penulisnya jangan terlalu lama menjemur kamera di terik matahari, dan ini benar :)

Re: Foto Sunset merusak CCD ?

Oleh:  pramana sudiro (30467)    20 tahun yang lalu

 0 

Sy pernah bbrp kali ambil gambar pas siang hari langsung ke arah matahari, sampe skrg digicam sy belom rusak juga :D
Diafragma: f/8 dan Kecepatan: 1/2000 detik.

Re: Foto Sunset merusak CCD ?

Oleh:  Muhammad Ridha (2407)    20 tahun yang lalu

 0 

Pak Kris, kalo CCD/CMOS tidak terkena cahaya ketika rana blum dibuka, darimana LCD dapat signal untuk keperluan tampilannya?

Re: Foto Sunset merusak CCD ?

Oleh:  pramana sudiro (30467)    20 tahun yang lalu

 0 

yg laen

Re: Foto Sunset merusak CCD ?

Oleh:  Rudy Subagyo (8761)    20 tahun yang lalu

 0 

waduh, gara gara nemu ND filter di kamera, saya langsung coba motret matahari... dan malah demen ama solar flare
habis itu foto foto saya jadi jelek.. eh ada hubungannya ngga ?
sewaktu preview kan lama menatap matahari , sensor yang berhubungan dengan LCD bisa jebol ngga yah ? atau malah udah jebol nih...

Re: Foto Sunset merusak CCD ?

Oleh:  R. B. Isworo (5768)    20 tahun yang lalu

 0 

Mungkin begini, CCD pada digicam non-DSLR selalu terbuka rananya. Setahu saya Z1 dan Dimage A1 mempunyai "rana" elektronik. Dengan rana mekanik yang selalu terbuka dan hanya dipakai pada kesempatan tertentu. Z1, A1 dan sejenisnya tidak mempunyai mirror untuk Viewfinder ala SLR. Dia memakai output dari CCD untuk ditampilkan ke Electronic Viewfinder (EVF). Itu sebabnya A1 (dan mungkin Z1) bisa menampilkan life histogram, bisa langsung kelihatan efek dari penutupan dan pembukaan aperture, shutter (terang/gelap, DoF) dan sebagainya pada LCD dan EVF.

Bukan berarti tidak bisa foto sunset, tapi coba kita lihat di manualnya deh:
"When photographing scenes with very bright objects such as the sun at large apertures (f/2.8 or f/3.5), streaking may be apparent in the image. Black areas caused by a loss of data may result. In these situations, stop down the aperture or use neutral density filters to minimize the effect.
Do not point the camera toward the sun for prolonged periods of time. The intensity of the sun could damage the CCD. Between exposures, turn off the camera or cover the lens"

Ini dari manualnya A1. IMHO Logikanya sama pada digicam sejenis lainnya. Selama ini saya tidak punya masalah motret sunset koq. Hanya ikuti saja petunjuk di manual.

CCD di A1 dan Z1 menggunakan CCD buatan Sony (dan setahu saya, mungkin salah, beberapa Nikon Digicam seperti 5700 dan sejenisnya, bukan yang D-SLR).

Re: Foto Sunset merusak CCD ?

Oleh:  Anthony Suhartanto (7867)    20 tahun yang lalu

 0 

"The intensity of the sun could damage the CCD. ..." Jadi kelihatannya kalimat dari manual ini yang diterjemahkan oleh si penulis.Btw si penulis ini orang yang sudah cukup dikenal di dunia digital gadget.Terima kasih untuk Bang Kris dan Mas Isworo yang sudah menambah wawasan kita-kita. :)

Re: Foto Sunset merusak CCD ?

Oleh:  Judhi Prasetyo. (38908)    20 tahun yang lalu

 0 

Kalau motret ondel-ondel itu kemungkinan bisa merusak kamera lho... apalagi kalau motretnya sambil menjulurkan lidah ke si ondel-ondel.. hati-hati... :D

Re: Foto Sunset merusak CCD ?

Oleh:  Kristupa W Saragih (176444)    20 tahun yang lalu

 0 

Bung RB Isworo benar. Saya lupa ada yang pakai rana elektronik :)

Re: Foto Sunset merusak CCD ?

Oleh:  Ferrij Lumoring (5880)    20 tahun yang lalu

 0 

Pada beberapa kamera (juga pada kamera saya yang baru), tidak ada ada view finder yang bisa. Semuanya lewat LCD. <BR>Jadi kalau terlalu lama mengamati matahari lewat LCD tsb, kasian CCD yang pasti terexpose sinar matahari. <BR>Saya jadi ingat pelajaran sewaktu SMP dengan kaca pembesar, sinar Matahari bisa membakar daun kering atau kertas. Jadi mungkin juga bisa membakar CCD kalau terlalu lama diexpose. Menurut saya, lebih baik menghindari exposure terlalu lama ke matahari, dari pada menyesal nanti.

Re: Foto Sunset merusak CCD ?

Oleh:  Nixon Glenn (14915)    20 tahun yang lalu

 0 

Wah, kalau kita gunakan mode movie kan bisa lebih merusak CCD yah ? Durasinya kan jauh lebih lama tuh.