Bagi yang ingin mengabadikan kejadian alam

Oleh:  Denny Hermanu (5182)    20 tahun yang lalu

  0 

Gerhana Bulan
Sabtu pukul 23.30 GMT atau pukul 06.30 WIB hari Minggu. Sedangkan gerhana akan mencapai kepenuhannya dalam waktu yang tidak terlalu lama, yakni dari pukul 01.06 hingga 01.31 GMT (pukul 08.06 hingga 08.31 WIB). Bayangan Bumi akhirnya akan meninggalkan Bulan pada pukul 03.05 GMT atau pukul 10.05 WIB.

Peristiwa gerhana kali ini bakal terlihat dari Eropa, Afrika bagian utara dan barat, dan beberapa bagian Amerika sebelah timur. Sedangkan Australia, Selandia Baru, Jepang, dan beberapa wilayah di Asia Timur tidak akan bisa menyaksikannya, namun beberapa wilayah diantaranya akan melihatnya ketika Bulan hendak tenggelam.
<br Untuk Indonesia, karena peristiwa itu terjadi setelah matahari terbit dan Bulan menjadi samar-samar saja terlihat, maka gerhana sepertinya tidak akan bisa diamati dengan jelas.

Hujan Meteor Leonid
Meski begitu, mereka yang tidak sempat atau tidak bisa melihat gerhana Bulan dari wilayahnya jangan berkecil hati, karena peristiwa gerhana Bulan mendatang akan diikuti peristiwa angkasa lain, yakni terjadinya hujan meteor Leonid, gerhana matahari total di belahan Bumi utara, dan penampakan-penampakan aurora bila badai matahari masih aktif menerpa Bumi.

Adapun mereka yang berada di Asia akan segera menikmati suguhan hujan meteor yang spektakuler. Batu-batu pijar yang membentuk seperti hujan saat memasuki atmosfer Bumi itu akan terlihat dari Asia barat, Indonesia, dan Australia sebelum dini hari tanggal 14 November.

Bagi penduduk yang berada di Afrika barat, Eropa barat, Amerika Utara dan Amerika Selatan bagian barat, hujan meteor Leonid akan terlihat mencapai puncaknya tanggal 19 November.

Dalam hujan meteor Leonid, akan terlihat sekitar 100 atau lebih meteor yang berpijar tiap jam. Beberapa dia antaranya cukup besar sehingga tampak bagai bunga api di langit.

Gerhana Matahari
Sementara itu, mereka yang ingin melihat gerhana Matahari total --dimana Bulan akan menghalangi cahaya matahari yang jatuh ke Bumi-- bisa menunggu hingga tanggal 23 November. Namun karena peristiwa tersebut hanya terlihat dari Kutub Selatan, maka mereka harus pergi ke sana bila ingin menyaksikannya.

Selamat Berburu..!!!
dikutip dari KOMPAS

Re: Bagi yang ingin mengabadikan kejadian alam

Oleh:  D. Setiadi (81319)    20 tahun yang lalu

 0 

Musti bawa payung baja enggak kalau hujan meteor? 8-}
Gerhana bukannya nama tokoh di film seri TV? :-? :D

Re: Bagi yang ingin mengabadikan kejadian alam

Oleh:  Hannan Abdullah (12789)    20 tahun yang lalu

 0 

boleh juga tuh hunting ke kutub selatan sambil ngabur-ngaburit

Re: Bagi yang ingin mengabadikan kejadian alam

Oleh:  Raiyani Muharramah (67293)    20 tahun yang lalu

 0 

kalau hujan Duit dimana kak...:D

Re: Bagi yang ingin mengabadikan kejadian alam

Oleh:  Very Wirawan (35735)    20 tahun yang lalu

 0 

Terima kasih atas infonya kak.
Harusnya disertakan juga ukuran 'alat vital' yang memadai untuk masing2 kejadian tsb :)>-

Re: Bagi yang ingin mengabadikan kejadian alam

Oleh:  Cessy Karina (42569)    20 tahun yang lalu

 0 

thanx atas infonya kak. pinginnya sih ngeliat yang gerhana bulan - katanya bakal melintas tempatku jam 3 pagi tapi brbrbrbr ......

Re: Bagi yang ingin mengabadikan kejadian alam

Oleh:  Anthony Suhartanto (7867)    20 tahun yang lalu

 0 

Asik "Meteor Garden" !

Re: Bagi yang ingin mengabadikan kejadian alam

Oleh:  Nugroho Adhi, FGPLE (778)    20 tahun yang lalu

 0 

Kalo hujan mietelor saya mau :D

Re: Bagi yang ingin mengabadikan kejadian alam

Oleh:  Wiratno (11293)    20 tahun yang lalu

 0 

:))