Problem Kalibrasi Monitor

Oleh:  Dandy Zulkarnain, Penjahat (29816)    20 tahun yang lalu

  0 

Problem saya sama kalibrasi kok ngak pecah pecah ya!!. Saya sudah mencoba Adobe Gamma, Ngikutin kalibrasi di bawah foto, dll. Namun masalah setting pencahayaan ngak kunjung beres.. Terakhir fotoku... Padahal di PS dan ACDSee pencahayaan dan kontras pas.. Tapi banyak rekan rekan yg bilang gelap atau Kontrast rendah... Saya juga merasa bahwa apa yg terpampang di PS dan ACDSee itu berbeda dgn yg terupload.. Coba deh.. Bandingkan setelah upload proses pertama dgn PS atau ACDSee.. Akan berbeda.. Juga di saturasinya.. Please help me utk kalibrasi nya nih.. Contoh kasus: Di Adobe Gamma: Perintah ke dua utk mengelapkan kotak terdalam tapi tdk hitam: Ini kan relatif.. sangat tergantung pandangan sang fotografer Contoh kasus 2: Menu pembantu di bawah foto.. Kita merubah setting cahaya.. tetap batasan antara 9 dan 10 atau 1 dan 2 terlihat (Sudah terlihat berbeda). Kalau sangat lebar begini settingnya,, kan sulit utk kalibrasinya. Mungkinngak ya Admin netapin satu foto yg paling ideal utk kita pakai sebagai kalibrator. Foto tsb harus tertampil indah di monitor sebagai alat pengukuran ?

Re: HELP

Oleh:  Irwansyah S (52460)    20 tahun yang lalu

 0 

Saturasi akan terlihat beda sekali didalam PS dan IE tergantung pada profile apa kita menyimpannya. Apa yang kita lihat di PS akan menjadi sama dengan apa yang kita lihat di upload sepanjang kita memulai dan menyimpannya dalam profile sRGB. That is the key.

Hal ini tentu saja dengan prasyarat bahwa monitor sudah dikalibrasi dengan benar.

Cheers,
Irwan

Re: HELP

Oleh:  Hedwigus Windarto DA (6626)    20 tahun yang lalu

 0 

apakah FN punya standart kalibrasi untuk monitor ?? biar semua orang bisa dapet gambar dengan kualitas yang hampir sama. Trus kalo pake notebook / LCD Screen gimana, pasti gambarnya gak bakalan sama dengan PC dengan CRT.

Re: HELP

Oleh:  Gunawan Wibisono (26231)    20 tahun yang lalu

 0 

kontras dan brightness monitor di maksimalkan...
untuk PS dia punya kalibrasi warna (RGB profile dll) sendiri, jika diaktifkan maka warna di dalam dan di luar PS (ACDSee/IE)akan sedikit berbeda..

monitor yang sedang saya pake bisa membedakan 14 dan 15. 15 dan 16 udah ngga bisa dibedakan. kompi sebelah sedikit lebih baik...
semua pake brigthness dan kontras penuh...